Bumi Bocor Parah, 1.973 Danau dan Waduk di Dunia Mengering

Minggu, 21 Mei 2023 - 22:00 WIB
loading...
Bumi Bocor Parah, 1.973 Danau dan Waduk di Dunia Mengering
Terkuaj 1.973 danau dan waduk di dunia mengering berdasarkan riset terbaru University of Colorado Boulder di Amerika Serikat . FOTO/ NASA
A A A
WASHINGTON - Sebuah studi baru yang dilakukan University of Colorado Boulder di Amerika Serikat (AS) menyebut Danau waduk kering bermunculan bukti kuat kalau kebocoran di bumi semakin parah.



Rekan penulis makalah penelitian, Balaji Rajagopalan, mengatakan hal itu secara langsung menimbulkan risiko bagi keamanan pasokan air di masa depan bagi manusia.

“Ini mempengaruhi 25 persen populasi dunia yang tinggal di kawasan danau, artinya sekitar dua miliar orang akan terpengaruh,''

"Perubahan iklim dan konsumsi yang tidak berkelanjutan adalah penyebab utama masalah ini dan memiliki efek jangka panjang yang lebih luas," katanya dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di majalah Science.

Ia menambahkan, dibandingkan dengan sungai yang lebih diperhatikan dari segi keilmuan, danau justru kurang terpantau dengan baik, padahal sangat penting untuk keamanan perairan.

Dikatakannya, bencana lingkungan yang melanda perairan lebih luas seperti Laut Kaspia dan Laut Aral, memberi sinyal kepada para peneliti bahwa ada krisis yang lebih besar.

“Dalam hal itu, tim peneliti, yang juga melibatkan ilmuwan dari AS, Prancis, dan Arab Saudi, memeriksa 1.972 danau dan waduk terbesar di Bumi, menggunakan satelit dari tahun 1992 hingga 2020 untuk mempelajari pertanyaan tersebut secara sistematis.

"Kami berfokus pada danau air tawar yang lebih besar karena keakuratan satelit dan kepentingannya bagi manusia dan satwa liar," katanya.

Dia mengatakan tim memperoleh data dari kombinasi citra Landsat, yang merupakan program pengamatan Bumi terlama, dengan elevasi permukaan air yang diperoleh melalui altimeter satelit, untuk menentukan bagaimana pergerakan danau telah berubah selama hampir 30 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)