Hadapi Rencana Busuk AS di Ukraina, Rusia Modifikasi SPH

Kamis, 25 Mei 2023 - 08:24 WIB
loading...
Hadapi Rencana Busuk AS di Ukraina, Rusia Modifikasi SPH
Rusia modifikasi Self-Propelled Howitzer (SPH) 2S18 Pat-S kaliber 152 mm guna menghadapi rencana busuk AS. FOTO. RT
A A A
KIEV - Hadapi rencana busuk Amerika Serikat dan sekutunya dengan mengirim peralatan tempur ke Ukraina secara diam-diam. Memaksa Rusia untuk memodifikasi kendaraan tempur era Uni Soviet agar kekinian.



Kantor berita RIA Novosti melaporkan bahwa PJSC Kurganmashzavod sedang mengerjakan modernisasi Self-Propelled Howitzer (SPH) 2S18 Pat-S kaliber 152 mm.

Diketahui, sistem SPH ini menggunakan platform Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) BMP-3 yang telah dimodifikasi.

Sebenarnya sistem 2S18 Pat-S telah dikembangkan pada pertengahan 1980-an oleh Biro Desain Khusus Pabrik Pembuatan Mesin Kurgan (SKBM) untuk tingkat resimen Angkatan Darat Uni Soviet.

Namun, sistem SPH itu tidak diproduksi secara massal. Hanya meninggalkan satu prototipe hingga runtuhnya Uni Soviet pada Desember 1991.

Satu-satunya prototipe 2S18 Pat-S 52 dipajang pada halaman Museum Sejarah Militer Artileri, Pasukan Teknik, dan Pasukan Komunikasi, di Petersburg.

Seperti disebutkan di atas, Kurganmashzavod sedang mengerjakan finalisasi dan modernisasi proyek 2S18 Pat-S.

Mengusung meriam 2A63 yang dipasang pada sasis BMP-3. Meriam ini mampu menggunakan semua jenis amunisi kaliber 152 mm Uni Soviet (kini diteruskan Rusia).

2S18 Pat-S baru diperkirakan juga dapat menggunakan peluru artileri terkoreksi modern dengan muatan terpisah tipe 3OF39M Krasnopol- M dengan jangkauan tembak hingga 25 km.

Untuk keamanan awaknya, kemungkinan besar kendaraan BMP-3 yang sebagai platformnya akan dilengkapi dengan lapis baja tambahan di sekitar tubuhnya.

Beberapa jenis tank Uni Soviet juga masih digunakan oleh beberapa negara hingga saat ini.

T-10 adalah jenis tank pesawat utama yang diproduksi oleh Uni Soviet dari tahun 1953 hingga tahun 1963. Tank ini memiliki spesifikasi yang sangat baik untuk masanya, dengan sistem perlindungan dan kekuatan tembakan yang luar biasa.

T-10 juga memiliki mobilitas yang baik dan merupakan salah satu tank terberat pada masa itu, dengan berat hingga 46 ton. Tank ini sering digunakan oleh pasukan Uni Soviet dalam operasi militer dan digunakan oleh beberapa negara sekutu Soviet hingga tahun 1980-an.

T-10 dianggap sebagai tank pesawat utama yang sangat sukses pada masa Uni Soviet. Setelah T-10, beberapa jenis tank yang menjadi penerusnya termasuk T-54/55 dan T-62.

Kedua tank ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dan merupakan perkembangan dari T-10, dengan sistem perlindungan dan kekuatan tembakan yang lebih baik.

T-54/55 dan T-62 juga memiliki mobilitas yang lebih baik dan lebih ringan dibanding T-10, dengan berat hingga 36 ton.

Kedua tank ini banyak digunakan oleh pasukan Uni Soviet dan negara-negara sekutunya selama beberapa dekade dan memainkan peran penting dalam beberapa perang dan konflik militer.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)