China Targetkan Pendaratan Astronot di Bulan sebelum Tahun 2030

Senin, 29 Mei 2023 - 19:04 WIB
loading...
China Targetkan Pendaratan Astronot di Bulan sebelum Tahun 2030
Badan Penerbangan Luar Angkasa Manusia China atau China Manned Space Agency (CMSA) mengumumkan target untuk mendaratkan astronot di Bulan sebelum akhir dekade ini. Foto/CNSA/SpaceNews
A A A
BEIJING - Badan Penerbangan Luar Angkasa Manusia China atau China Manned Space Agency (CMSA) mengumumkan target untuk mendaratkan astronot di Bulan sebelum akhir dekade ini. Namun, pemerintah China belum secara terbuka dan resmi menyetujui proyek pendaratan berawak ke Bulan karena melewati Rencana Lima Tahun 2021-2025.

“Baru-baru ini, fase pendaratan di Bulan dari program eksplorasi Bulan berawak China telah dimulai. Tujuan utamanya adalah mengirim astronot untuk mendarat di Bulan untuk pertama kalinya pada tahun 2030,” kata Lin Xiqiang, wakil direktur China Manned Space Agency (CMSA), kepada media di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, Senin (29/5/2023).

Seperti dilaporkan sebelumnya, China telah diam-diam mengerjakan pendarat bulan selama beberapa tahun dan tahun ini meluncurkan model pesawat ruang angkasa. “Berfokus pada tujuan ini, CMSA telah memulai perencanaan, penelitian, dan pekerjaan konstruksi berdasarkan terobosan teknis utama dan verifikasi solusi sebelumnya,” kata Lin.



Varian roket orbit rendah Bumi yang baru ditunjuk sebagai Long March 10, berdasarkan pada Long March 5 dengan diameter lima meter, diharapkan akan melakukan uji terbang pada tahun 2027. Sepasang Long March 10 tiga tahap, triple-core varian untuk injeksi trans-lunar (27 ton ke TLI) akan digunakan untuk meluncurkan tumpukan pendaratan dan segmen berawak dari misi pendaratan di bulan.

“Ini termasuk pengembangan roket pembawa berawak generasi baru, yaitu kendaraan peluncuran Long March 10, pesawat ruang angkasa kru generasi baru, pendarat bulan, setelan bulan, dan produk luar angkasa lainnya. Pembangunan situs peluncuran baru dan pengujian pada fasilitas peluncuran terkait juga sedang berlangsung,” beber Lin dikutip dari laman SpaceNews.

China telah melakukan uji pelat boiler skala penuh dari pesawat ruang angkasa generasi baru. Pelabuhan antariksa pesisir Wenchang China saat ini sedang diperluas untuk menjadi tuan rumah peluncuran komersial, dan juga akan menjadi lokasi pengembangan Long March 10 dan roket Long March 9 yang lebih besar.

CMSA juga mengumumkan pada 29 Mei panggilan untuk rencana penjelajah awak bulan, yang berpotensi menggunakan model pengembangan komersial. Institut Teknologi Harbin di Heilongjiang, Cina timur laut, baru-baru ini meluncurkan ruang simulasi bulan untuk membantu persiapan eksplorasi bulan di masa depan.



“Tujuannya juga termasuk melakukan eksplorasi ilmiah Bulan dan eksperimen teknologi terkait. Termasuk menguasai teknologi utama seperti perjalanan pulang pergi berawak Bumi-Bulan, tinggal jangka pendek di permukaan bulan, dan eksplorasi gabungan manusia-robot serta menyelesaikan berbagai misi seperti pendaratan,” kata Lin.

Rencana misi pendaratan berawak di Bulan diungkapkan saat konferensi pers menjelang peluncuran misi berawak Shenzhou-16 ke stasiun luar angkasa Tiangong. Awak akan disambut di atas Tiangong oleh awak Shenzhou-15 yang keluar, yang telah mengorbit sejak November 2022.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)