Berambisi Membangun Koloni di Bulan, China Uji Coba Kehidupan di Biosfer

Jum'at, 05 Maret 2021 - 13:33 WIB
loading...
Berambisi Membangun Koloni di Bulan, China Uji Coba Kehidupan di Biosfer
Misi luar angkasa Cina Change-5 saat menuju Bulan. Foto/CNSA
A A A
BEIJING - Mahasiswa dari Universitas Beihang, China dilaporkan mejadi relawan untuk tinggal di lingkungan biosfer Lunar Palace 1 selama 370 hari. Media setempat melaporkan bahwa dua kelompok siswa secara bergiliran tinggal di biosfer selama 370 hari dengan persediaan makanan yang ada di dalam biosfer.

Banyak negara telah mencoba membangun dan tinggal di biosfer selama bertahun-tahun. Tujuannya selalu untuk mencari tahu apakah mungkin membangun ekosistem mandiri yang dapat digunakan di planet lain. (Baca: Buru Mineral Langka, China Jelajahi Palung dan Antariksa)

Paling terkenal adalah Biosfer 2 yang dibangun di gurun Arizona dan menampung orang-orang selama dua tahun. Sayangnya percobaan tersebut tak belanjut namun upaya itu menghasilkan pemahaman tentang bagaimana biosfer sebenarnya dapat bekerja dan bagaimana tanaman dapat tumbuh di luar Bumi.

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah China telah menjelaskan bahwa mereka berencana mengirim orang ke bulan. Mereka juga berencana membangun koloni permanen di sana.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, mereka telah merencanakan, membangun dan menguji biosfer sejak 2014. Pada 2017, mereka menyelesaikan pembangunan biosfer Lunar Palace 1.

Setelah disiapkan dan diuji, empat relawan memasuki fasilitas tersebut dan tinggal selama 110 hari. Tak lama kemudian, kelompok lain pindah ke biosfer dan tinggal selama 65 hari — mereka segera digantikan oleh tim lain yang menghabiskan 200 hari di lingkungan pengujian. (Baca juga: Ilmuwan Rusia Pernah Coba Ciptakan Makhluk Hibrid Campuran Manusia dan Kera)

Tim itu kemudian digantikan oleh tim pertama, yang menghabiskan 105 hari tambahan di fasilitas tersebut. Secara keseluruhan, kedua kelompok tersebut menghabiskan 370 hari berturut-turut di biosfer.

Biosfer Lunar Palace 1 terdiri dari tiga modul. Dua tempat penyimpanan untuk menanam makanan — yang ketiga berfungsi sebagai rumah bagi penghuninya. Udara dipasok oleh tanaman, seperti makanan. Air didaur ulang selama percobaan.

Penghuni mengumpulkannya dari kondensasi pada permukaan yang dibuat untuk tujuan itu. Selain itu, urine dan feses digunakan sebagai pupuk. Relawan juga membuat sejenis roti dari mealworm yang diberi makan jamur, yang ditanam di limbah tanaman. (Baca juga: Fotografer Satwa Liar Temukan Pinguin Albino yang Sangat Langka)

Administrasi Luar Angkasa Nasional China telah menetapkan tujuan untuk menempatkan astronot di bulan pada tahun 2030. Sebuah pangkalan permanen direncanakan untuk beberapa waktu setelah itu, kemungkinan besar di dekat kutub selatan bulan yang kaya es.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1480 seconds (10.55#12.26)