Korea Utara Luncurkan Satelit Pengintai Militer, Jepang Ancam Tembak Jatuh

Selasa, 30 Mei 2023 - 10:09 WIB
loading...
Korea Utara Luncurkan Satelit Pengintai Militer, Jepang Ancam Tembak Jatuh
Ilustrasi bendera Korea Utara. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Korea Utara siap meluncurkan satelit pengintai militer, pada 31 Mei dan 11 Juni 2023. Peluncuran satelit ini dapat mempengaruhi perairan di Laut Kuning, Laut Cina Timur, dan sebelah timur Pulau Luzon Filipina.

Dilansir dari NPR, penjaga pantai di Jepang telah diberitahu rencana ini dari otoritas jalur air Korea Utara.

Coast Guard pun langsung mengeluarkan peringatan keselamatan untuk kapal-kapal di daerah tersebut, terutama pada tanggal-tanggal yang telah disebutkan, karena kemungkinan risiko dari puing-puing yang jatuh.



"Penjaga Pantai Jepang telah mengoordinasikan dan mendistribusikan informasi keselamatan maritim di Asia Timur," tulis laman itu, dikutip Selasa (30/5/2023).

Untuk meluncurkan satelit ke luar angkasa, Korea Utara menggunakan teknologi rudal jarak jauh yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan AS. Peluncuran satelit pengamatan Bumi ini dianggap sebagai tes rudal yang disamarkan.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno mengatakan, peluncuran itu melanggar resolusi AS dan merupakan ancaman terhadap perdamaian dan keselamatan Jepang, wilayah dan komunitas internasional.



Pihaknya pun mengaku telah memerintahkan pasukan pertahanan diri Jepang untuk menembak jatuh satelit itu.

Matsuno mengatakan, kemungkinan satelit akan masuk atau melewati di atas pulau-pulau barat daya Jepang, termasuk Okinawa, di mana Amerika Serikat memiliki pangkalan militer utama dan ribuan tentara.

"Jepang telah mengerahkan sistem pertahanan rudal Pac-3 dan pencegat kapal udara," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2757 seconds (0.1#10.140)