Mengenal Kapal Korvet Siluman Rusia, Mercury Dibekali Rudal Jelajah dan Torpedo

Senin, 05 Juni 2023 - 19:13 WIB
loading...
Mengenal Kapal Korvet...
Kapal korvet siluman Mercury merupakan salah satu mesin perang andalan Rusia. Foto/NavalToday/Twitter
A A A
MOSKOW - Kapal korvet siluman Mercury merupakan salah satu mesin perang andalan Rusia dari Armada Pasifik yang resmi bertugas tahun 2020. Mercury dengan nomor lambung 535 adalah kapal perang kelas Gremyashchiy dengan desain siluman.

Informasi media Rusia mengatakan bahwa ini adalah kapal pertama Moskow yang dibuat secara siluman. Rusia diketahui telah menggunakan teknologi siluman dalam pembuatan kapal, tetapi sebagian bukan untuk keseluruhan platform angkatan laut.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (5/6/2023), kapal Mercury 535 memiliki panjang lebih dari 104 meter dan kecepatan maksimum 27 knot. Unit tenaga terdiri dari genset diesel 380/220 V AC, 4×630 kW, dan penggeraknya terdiri dari dua poros CODAD, 4 jenis Kolomna 16D49 solar 23.664 hp (17,6 MW).



Kapal Korvet Mercury kelas Gremyashchiy dipersenjatai dengan satu meriam 100 mm A-190 Arsenal atau 130 mm A-192 angkatan laut. Ada juga satu Kashtan CIWS-M (sistem senjata jarak dekat) serta delapan rudal jelajah Kh-35.

Pertahanan udara terdiri dari 12 sel peluncur Redut VLS dan dua AK-630M CIWS untuk target terbang rendah dan jarak dekat. Kapal ini mampu melawan kapal selam menggunakan delapan tabung torpedo 330 mm untuk Paket-NK.

Kapal memiliki landasan helikopter, untuk helikopter Ka-25 yang dirancang khusus beroperasi di Angkatan Laut. Kapal Korvet Mercury juga memiliki peluncur drone Orlan-10.

Kabar terbaru kapal korvet Mercury menjalani desain ulang di Severnaya Verf, salah satu galangan kapal utama yang terletak di dekat St. Petersburg. Pengumuman ini sekaligus menjadi propaganda untuk menunjukkan bahwa kapal perang andalan Rusia ini berada di titik strategis.



Sebab, belum ada informasi detail apa yang dimaksud dengan desain ulang. Secara teknis, desain ulang bisa dilakukan pada jaringan radar Merkurius, untuk melengkapi satu radar utama Zaslon multiguna dan delapan radar AESA.
Mengenal Kapal Korvet Siluman Rusia, Mercury Dibekali Rudal Jelajah dan Torpedo


Delapan radar AESA di Merkurius dikembangkan berdasarkan prinsip antena panel datar aktif yang beroperasi di pita X dan S. Radar ini, bersama dengan radar Zaslon, untuk pertama kalinya diintegrasikan ke dalam kapal perang Rusia, menggantikan radar Furke-2 S-band dengan antena berputar pasif.

Kemungkinan lain adalah meningkatkan sistem komunikasi terenkripsi antara carob dan pesawat tempur Rusia, serta sistem pemandu misil antipesawat. Sistem ini juga baru dan fungsi utamanya adalah untuk secara bersamaan mengarahkan 16 rudal anti-pesawat ke berbagai sasaran.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)