Takut Jatuh ke Rusia, Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Kebanggaannya

Jum'at, 04 Maret 2022 - 11:04 WIB
loading...
Takut Jatuh ke Rusia, Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Kebanggaannya
Kapal perang utama Angkatan Laut Ukraina Hetman Sahaidachny (U130) terlihat tenggelam di pelabuhan Mykolaiv, selatan Ukraina. Foto/The War Zone
A A A
KIEV - Kapal perang utama Angkatan Laut Ukraina Hetman Sahaidachny (U130) terlihat tenggelam di pelabuhan Mykolaiv, selatan Ukraina . Penampakan fregat kebanggaan Angkatan Laut Ukraina yang tenggelam beredar di media sosial.

Tampaknya Ukraina sengaja menenggelamkan kapal perang utama milik angkatan laut agar tidak jatuh ke tangan Rusia. Diketahui Armada Angkatan Laut Rusia gencar melakukan serangan dari Laut Hitam ke wilayah Odessa, di selatan Ukraina.

Sebuah foto kapal fregat Hetman Sahaidachny yang setengah tenggelam miring ke salah satu sisinya muncul di media sosial pada 3 Maret 2022. Dikutip dari laman The War Zone, Jumat (4/3/2022), tampaknya kapal itu sengaja ditenggelamkan agar tidak jatuh ke tangan Rusia.


Takut Jatuh ke Rusia, Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Kebanggaannya


Mungkin saja kapal ini tenggelam akibat tindakan Rusia, tetapi sepertinya saat ini kemungkinannya kecil. Belum ada informasi detail tentang nasib fregat Hetman Sahaidachny milik Angatan Laut Ukraina ini.

Kapal perang milik Ukraina ini merupakan fregat kelas Krivak III/Menzhinskiy berbobot 3.100 ton. Kapal perang ini menawarkan kemampuan tempur yang signifikan untuk menghadapi Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia.

Jika jatuh ke tangan Rusia ini akan menjadi kemenangan dan propaganda besar bagi Moskow yang dapat mengangkat moral pasukan Rusia. Kapal perang ini dilengkapi dengan meriam dek 100 mm, meriam yang lebih kecil, peluncur granat anti-kapal selam, tabung torpedo, dan sebuah helikopter.



Kemampuan fregat ini mungkin tidak terlihat menakutkan, tetapi ini adalah kapal perang kebanggaan Angkatan Laut Ukraina. Fregat berusia 30 tahun itu sebenarnya sedang menjalani perbaikan di kota pelabuhan Mykolaiv.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)