NASA Siapkan Rancangan Mobil Otonom untuk Menjelajah Bulan

Selasa, 06 Juni 2023 - 18:37 WIB
loading...
NASA Siapkan Rancangan Mobil Otonom untuk Menjelajah Bulan
NASA terus menyiapkan misi Artemis untuk pendaratan di Bulan dengan merencanakan membuat kendaraan medan bulan (lunar terrain vehicle/LTV). Foto/NASA
A A A
FLORIDA - NASA terus menyiapkan misi Artemis untuk pendaratan di Bulan dengan merencanakan membuat kendaraan medan bulan (lunar terrain vehicle/LTV). NASA sudah membuka tawaran untuk sejumlah perusahaan swasta mengajukan konsep kendaraan medan bulan hingga 10 Juli.

NASA menginginkan kendaraan LTV baru yang direncanakan untuk mengangkut awak dua astronot di permukaan bulan. Namun, kendaraan ini dapat berfungsi secara semi-otonom untuk melakukan eksperimen sendiri.

Mirip dengan kinerja penjelajah Perseverance dan Curiosity yang beroperasi di Mars, kendaraan LTV akan mengumpulkan sampel dan menganalisis dengan operator jarak jauh. Untuk membantu memandu proposal, NASA telah menyediakan daftar persyaratan layanan dan desain yang harus dipenuhi oleh calon produsen LTV.



NASA ingin kendaraan LTV mampu berfungsi secara otonom, sehingga berencana melengkapi dengan seperangkat instrumen ilmiah dan lengan robotik. Termasuk alat prospeksi untuk melanjutkan eksplorasi selama jeda antara misi terbang kru dalam program Artemis NASA.

“Calon kendaraan LTV harus menyediakan layanan end-to-end sebagai bagian dari kontrak mereka, dari pengembangan dan pengiriman ke bulan permukaan, hingga pelaksanaan operasi," keterangan NASA dikutip dari laman Space, Selasa (6/6/2023).

Dengan kendaraan LTV, NASA berharap dapat menemukan sumber daya di permukaan bulan dengan lebih efisien. Misi Artemis berawak NASA menargetkan kutub selatan bulan untuk ketersediaan sumber dayanya, termasuk es air yang melimpah.

Es air ini nantinya dapat disempurnakan untuk menciptakan berbagai kebutuhan mulai dari air minum hingga bahan bakar roket. Memanfaatkan sumber daya lokal untuk menambah pasokan pada misi antarplanet, dikenal sebagai pemanfaatan sumber daya in-situ (ISRU), merupakan komponen penting untuk misi luar angkasa jangka panjang.



Untuk bertahan hidup melintasi lingkungan yang keras di kutub selatan bulan, LTV perlu berfungsi dan bernavigasi di bawah berbagai kondisi lingkungan dan fluktuasi suhu yang ekstrem. LTV baru harus dapat mensurvei area yang berpotensi kaya sumber daya, dan memandu lokasi habitat bulan di masa depan dengan lebih baik.

NASA berencana mengumumkan pemilihannya untuk penghargaan kontrak LTV pada November 2023. Desain mana pun yang dipilih, perusahaan itu kemudian harus membuktikan kemampuan kendaraan di permukaan bulan sebelum NASA akan mengesahkan LTV untuk operasi berawak.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)