Bruce McCandless, Astronot Pertama yang Melakukan Spacewalk Tanpa Pengaman

Rabu, 14 Juni 2023 - 22:16 WIB
loading...
Bruce McCandless, Astronot Pertama yang Melakukan Spacewalk Tanpa Pengaman
Bruce McCandless saat melakukan spacewalk. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Bruce McCandless II merupakan astronot pertama yang melakukan spacewalk tanpa tali pengaman yang terhubung dengan pesawat ruang angkasa. Fotonya pada 1984 menjadi yang paling ikonik hingga saat ini.

Tampak dalam foto itu, dia melayang sepenuhnya tanpa ikatan pada pesawat luar angkasa. Aksi ini sangat nekat dan berbahaya dalam sejarah menjelajah luar angkasa.

Meski demikian, McCandless akhirnya selamat setelah dijemput Unit Manuvering Berawak (MMU). Hingga saat ini, nama McCandless dikenang sebagai astronot pertama yang melakukan spacewalk tanpa tali pengaman.


Penjabat Administrator NASA, Robert Lightfoot mengatakan, Bruce McCandless II melakukan perjalanan luar angkasa dalam misi STS-41B. Selama melakukan spacewalk, dia menggunakan tangannya untuk mengendalikan gerakan.

"Rekan kru di atas kapal Challenger menggunakan kamera 70mm untuk mengekspos bingkai ini melalui windows di dek penerbangan," katanya, dikutip dari laman NASA, Rabu (14/6/2023).

McCandless merupakan seorang pensiunan kapten Angkatan Laut AS. Dia adalah satu dari 19 astronot yang dipilih oleh NASA, pada bulan April 1966, untuk mendukung astronotpada misi Apollo 14.

Dia juga merupakan pilot cadangan untuk misi Skylab pertama. Dia terbang sebagai spesialis misi di dua misi antarjemput antariksa. Di STS-41B pada tahun 1984, dia melakukan spacewalk yang terkenal.


"Di STS-31 pada tahun 1990, dia membantu menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble," sambungnya.

McCandless lahir 8 Juni 1937, di Boston. Dia lulus dari Woodrow Wilson SMA, Long Beach, California. Dia menerima gelar Sarjana Sains dari Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat, pada tahun 1958.

Dia memperoleh gelar Master of Science di bidang Teknik Listrik dari Universitas Stanford, pada tahun 1965, dan gelar Master dalam Administrasi Bisnis dari University of Houston di Clear Lake City, pada tahun 1987.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4162 seconds (0.1#10.140)