Terancam Punah, Suara Geraman Bittern Kembali Terdengar di Alam Liar

Minggu, 18 Juni 2023 - 13:55 WIB
Terancam Punah, Suara Geraman Bittern Kembali Terdengar di Alam Liar
Burung Bittern terancam punah. Foto: Istimewa
JAKARTA - Suara geraman burung booming bittern jantan Australasia, terdengar di selatan New South Wales. Saat ini, diperkirakan hanya ada sekitar 1.300 bitterns yang tersisa di alam liar.

Ilmuwan dari Universitas Charles Sturt, Elizabeth Znidersic mengatakan, pihaknya berhasil merekam suara bittern dan melacak panggilan burung itu, di Sungai Murray, pada September lalu.

"Saya pikir itu tangkapan yang benar-benar menakjubkan," katanya, dikutip ABC Net, Minggu (18/6/2023).

Dilanjutkan dia, saat terjadi banjir besar di wilayah itu, level air di hutan naik dan kemudian turun sekitar 4 meter. Pihaknya pun segera mencari rekaman untuk melacak keberadaan burung itu.

Selama berbulan-bulan rekaman itu diambil, mereka akhirnya menemukan bahwa sementara panggilan berhenti ketika air naik, dan burung-burung menjadi sangat aktif saat air menjadi surut.

"Semua habitat berada di bawah air, mungkin untuk musim kawin. Tapi begitu permukaan air turun, kami melihat burung itu mulai bersuara selama beberapa bulan," pungkasnya.