Satelit Satria-1 Sukses Diluncurkan ke Orbit Menggunakan Roket Falcon 9 milik Space X

Senin, 19 Juni 2023 - 09:29 WIB
loading...
Satelit Satria-1 Sukses Diluncurkan ke Orbit Menggunakan Roket Falcon 9 milik Space X
Roket Falcon 9 milik Space X yang membawa satelit Satria-1 mengangkasa ke orbit bumi. Foto: dok Space X
A A A
FLORIDA - Peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria)-1 pagi tadi berlangsung sukses. Satelit multifungsi milik Pemerintah itu akan menempati orbit 146°BT tepat di atas Pulau Papua.

Plt Direktur Utama Badan Aksesibiiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto berharap agar Satria-1 akan menempati orbit dan beroperasi dengan baik.

“Alhamdulillah tadi peluncuran berlangsung dengan baik. Ini capaian yang sangat hebat dan keberhasilan atas doa seluruh rakyat Indonesia, ungkapnya usai menyaksikan Peluncuran Satria-1 di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, Minggu (18/06) waktu setempat.

Peluncuran Satria-1 sempat tertunda 17 menit dari jadwal semula pukul 18.04 waktu setempat atau Senin (19/06) pukul 05:04 WIB. Meskipun demikian, masih dalam “time window” peluncuran.

Arief Tri Hardiyanto menjelaskan setelah ini Satria-1 akan dipantau oleh Thales Alenia Space untuk memastikan seluruh perangkat bisa berfungsi dengan baik.

“Mudah-mudahan semua perangkat yang ada di SATRIA-1 dapat bekerja dengan baik solar cell dan antenanya. Dan bisa terkendali dari stasiun bumi," tuturnya.

Plt Dirut BAKTI Kominfo menyatakan setelah itu Satria-1 akan bergerak menempati orbit 146°BT yang berada di atas langit Papua.
“Semoga seluruh tahapan berjalan lancar hingga nanti bisa menempati orbit pada bulan November 2023,” ujarnya.



Satria-1 telah diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX). Saltelit itu merupakan satelit multifungsi pertama milik Pemerintah dengan kapasitas terbesar di Asia.

Satria-1 dibangun oleh Thales Alenia Space (TAS) Prancis menggunakan platform SpaceBus NEO. Pengangkutan Satria-1 dengan kapal kargo Nordic dari perancis menuju Cape Canaveral melalui jalur laut.membutuhkan waktu 17 hari.

Pemerintah mengharapkan agar peluncuran Satria-1 berhasil dan bisa mendukung akselerasi transformasi digitalnasional.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)