Makam Romawi Unik Ditemukan di Bawah Kota London

Senin, 19 Juni 2023 - 19:01 WIB
loading...
Makam Romawi Unik Ditemukan di Bawah Kota London
Makam Romawi unik berusia 2.000 tahun ditemukan di bawah situs pembangunan di pusat kota Souuthwark, London, Inggris. Foto/Mola/Live Science
A A A
LONDON - Makam Romawi unik berusia 2.000 tahun ditemukan di bawah situs pembangunan di pusat kota Souuthwark, London , Inggris. Meskipun masih utuh, tidak ditemukan artefak penguburan di struktur makam, kecuali sisa gelang tembaga, koin, manik-manik kaca, dan sisir tulang.

Makam monumental ini masih memiliki struktur dinding rendah, tangga masuk, dan lantai interior berhiaskan berlian dengan dua mozaik yang terdiri dari ubin merah kecil. Kedua mozaik itu menampilkan bunga yang diapit lingkaran konsentris.

Para arkeolog hanya menemukan mozaik kedua ketika mereka menggali di bawah mozaik pertama. Ini menunjukkan lantai pemakaman kuno yang dikenal dengan mausoleum dinaikkan setidaknya satu kali saat masih digunakan untuk penguburan.



Lebih dari 100 koin juga berserakan di lantai makam. Rekonstruksi mausoleum mengungkapkan makam itu telah ditata dan didekorasi pada zaman Romawi.

“Penemuan ini memberikan wawasan menarik tentang kondisi kehidupan dan gaya hidup di bagian kota ini pada periode Romawi,” kata Antonietta Lerz, arkeolog senior di The Museum of London Archaeology (MOLA), dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Senin (19/6/2023).

Menurut pernyataan MOLA, mausoleum awalnya menampung peti mati dan artefak pemakaman lainnya, namun ketika ditemukan sudah tidak ditemukan. Namun, situs penggalian di sekitar monumen tersebut menyimpan barang-barang era Romawi milik lebih dari 80 penguburan, termasuk gelang tembaga, manik-manik kaca, tembikar, dan sisir tulang.

Arkeolog akan meneliti barang-barang yang ditemukan ini untuk lebih memahami masa lalu Romawi pusat kota London. Diketahui hanya anggota masyarakat kaya yang memiliki akses ke mausoleum, yang mungkin digunakan sebagai makam keluarga atau lokasi penguburan elite.



Apa yang tersisa dari struktur tersebut menunjukkan bahwa itu adalah bangunan dua lantai dengan penopang besar di sudut-sudutnya sebagai penyangga. Tembok tinggi mungkin dibongkar untuk digunakan kembali di tempat lain selama periode abad pertengahan.
Makam Romawi Unik Ditemukan di Bawah Kota London


Di dalam, sebuah panggung tinggi yang disemen dengan mortar merah muda berisi pecahan tembikar dan batu bata. Bahan bangunan Romawi yang banyak digunakan yang dikenal sebagai "opus signinum" menunjukkan tempat penguburan ada di sekitar tiga sisi mausoleum.

Penemuan itu mengikuti mosaik Romawi sepanjang 8 meter yang terbesar yang digali di London selama lebih dari 50 tahun. Mausoleum yang baru digali akan dipajang untuk umum setelah konstruksi selesai.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5273 seconds (0.1#10.140)