Makam Kuno Berusia 3.200 Tahun Milik Pejabat Firaun Ditemukan di Saqqara

Rabu, 03 November 2021 - 06:00 WIB
loading...
Makam Kuno Berusia 3.200 Tahun Milik Pejabat Firaun Ditemukan di Saqqara
Makam kuno berusia lebih dari 3.200 tahun yang dibangun untuk para pejabat senior Firaun Ramses II ditemukan di Saqqara. Foto/Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities
A A A
KAIRO - Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan telah menemukan makam kuno berusia lebih dari 3.200 tahun yang dibangun untuk para pejabat senior Firaun Ramses II di Saqqara.

Prasasti yang ditemukan di makam mengatakan bahwa Ptah-M-Wia, orang yang dimakamkan di sana memegang sejumlah posisi penting termasuk kepala perbendaharaan dan kepala pengawas ternak pada masa pemerintahan Firaun Ramses II yang memerintah 1279–1213 SM, yang berkembang Kerajaan Mesir sampai Suriah modern.

"Ramses II juga dikenal karena upaya pembangunannya termasuk perluasan Kuil Karnak," kata para arkeolog dalam sebuah pernyataan dari kementerian Mesir yang dikutip Live Science, Rabu (3/11/2021).



Ptah-M-Wia adalah kepala perbendaharaan sebelum penemuan koin yang dijadikan alat tukar. Pada waktu itu orang melakukan pembayaran dengan sistem barter barang, jatah, atau logam mulia.

Di sisa-sisa makam Ptah-M-Wia, para arkeolog menemukan serangkaian lukisan dinding yang menunjukkan orang-orang memimpin ternak dan hewan lain untuk disembelih. Adegan ini bisa jadi terkait dengan posisi Ptah-M-Wia sebagai pengawas peternakan. Tampaknya tidak ada sisa-sisa mumi yang ditemukan di makam sejauh ini.

Makam Kuno Berusia 3.200 Tahun Milik Pejabat Firaun Ditemukan di Saqqara


Beberapa ukiran di makam juga menggambarkan seorang pria, kemungkinan Ptah-M-Wia. Dalam satu ukiran, ia ditampilkan duduk di samping beberapa guci dan sebuah benda yang terlihat seperti tanduk.

Para peneliti saat ini sedang menganalisis hieroglif yang ditemukan di atas ukiran yang menunjukkan, Ptah-M-Wia juga bertugas membuat persembahan di salah satu kuil yang dibangun oleh Ramses II di Thebes (modern -hari Luxor).



Firaun membangun atau memperluas beberapa kuil di Thebes selama masa pemerintahannya, dan tidak jelas di mana Ptah-M-Wia memberikan persembahan.

Ola Al-Ajizi, seorang profesor arkeologi di Universitas Kairo, memimpin tim yang menemukan makam tersebut. Para arkeolog terus menggali dan menganalisis makam dan daerah sekitarnya.

Penemuan ini sangat menarik mengingat Saqqara memiliki sejumlah besar situs arkeologi yang mencakup Piramida Djoser yang berusia 4.700 tahun.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3750 seconds (0.1#10.140)