China Rilis Kondisi Terbaru Stasiun Ruang Angkasa Tiangong, Penuh Instrumen Penelitian Sains

Kamis, 22 Juni 2023 - 18:43 WIB
loading...
China Rilis Kondisi Terbaru Stasiun Ruang Angkasa Tiangong, Penuh Instrumen Penelitian Sains
Badan Penerbangan Luar Angkasa China (China National Space Administration/CNSA) merilis rekaman kondisi terkini Stasiun Luar Angkasa Tiangong dalam konfigurasi terbaru. Foto/CCTV
A A A
BEIJING - Badan Penerbangan Luar Angkasa China (China National Space Administration/CNSA) merilis rekaman kondisi terkini Stasiun Luar Angkasa Tiangong dalam konfigurasi terbaru. Terlihat beberapa modul terbaru terpasang pada Stasiun Luar Angkasa Tiangong setelah menerima sejumlah misi peluncuran.

Dalam rekaman yang baru dirilis menunjukkan pesawat ruang angkasa Shenzhou 16 berlabuh di pelabuhan radial dari hub docking modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe. Palka airlock kargo dari modul lab Mengtian dapat dilihat melalui kamera panorama di luar Mengtian.

“Saat ini di Stasiun Luar Angkasa Tiangong diisi awak Shenzhou 16, terdiri dari komandan Jing Haipeng dan kru Zhu Yangzhu dan spesialis muatan Gui Haichao, warga sipil pertama China di luar angkasa. Mereka akan melakukan berbagai tugas selama berada di Tiangong,” tulis laman Space dikutip SINDOnews, Kamis (22/6/2023).



Mereka melakukan pemasangan fasilitas aplikasi ekstravehicular besar, termasuk muatan eksperimen paparan biologis radiasi. Mereka juga akan memasang komponen serta peralatan eksperimen lain di bagian luar modul Mengtian.

Ketiganya juga dijadwalkan untuk mempelajari fenomena kuantum baru dan melakukan eksperimen terkait verifikasi relativitas umum dan asal usul kehidupan. Mereka juga akan menyampaikan kelas sains langsung sebagai bagian dari kegiatan penjangkauan yang direncanakan.

Astronot Shenzhou 16 adalah kru kelima yang mengunjungi Tiangong, dan yang kedua sejak selesainya pos terdepan tiga modul pada November 2022. China meluncurkan misi berawak Shenzhou 16 pada 30 Mei, mengirim tiga astronot baru, termasuk warga sipil pertama negara itu, ke Tiangong untuk misi selama lima bulan.

Mereka mengambil alih kendali stasiun luar angkasa dari kru Shenzhou 15, yang kemudian kembali ke Bumi pada 4 Juni. Akhirnya, Tianzhou 5 menyelesaikan misi terbang bebasnya dan berlabuh dengan Tiangong sekali lagi pada 5 Juni.



Kapal barang akan diisi dengan limbah dari Tiangong sebelum dideorbit di lain waktu. Sebelumnya, pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 5 lepas landas dari Tiangong pada 5 Mei, membebaskan pelabuhan dok untuk misi pasokan berikutnya.

Pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 6 yang membawa perbekalan, eksperimen ilmiah, dan propelan, diluncurkan ke Tiangong pada 11 Mei. Misi tersebut merupakan pendahulu kedatangan penghuni stasiun berikutnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)