Mengenal Shanghai Maglev, Kereta Tercepat China yang Mampu Melaju 501 Km per Jam

Rabu, 05 Juli 2023 - 09:13 WIB
loading...
Mengenal Shanghai Maglev, Kereta Tercepat China yang Mampu Melaju 501 Km per Jam
Shanghai Maglev merupakan salah satu kereta cepat yang dikembangkan China dan diklaim sebagai yang paling cepat di dunia. CNS/Eurasiantimes/wikipedia
A A A
BEIJING - Shanghai Maglev merupakan salah satu kereta cepat yang dikembangkan China dan diklaim sebagai yang paling cepat di dunia. Baru-baru ini, China Railway mengumumkan telah menyelesaikan uji kinerja menggunakan teknologi CR450.

Mengutip laman EurAsian Times, Rabu (5/7/2023), pencapaian ini disebut menjadi perkembangan signifikan dalam teknologi kereta berkecepatan tinggi yang diproduksi China. Pengujian yang berjalan sukses itu dilakukan di sepanjang bagian rel dari Fuqing ke Qianzhou di Provinsi Fujian, China Timur.

Uji coba ini menjadi salah satu usaha guna mempercepat pengembangan generasi baru kereta berkecepatan tinggi yang lebih cepat, lebih aman, dan hemat energi.



Kereta Cepat China

Pada riwayatnya, pengembangan kereta api berkecepatan tinggi telah dilakukan sejak lama. Dalam penggunaannya, sistem kereta api berkecepatan tinggi ini menggabungkan kecepatan dan keefektifan.

Melihat ke belakang, telah hadir seperti Shinkansen Jepang hingga TGV Prancis. Tak mau kalah, China juga turut mengembangkan teknologi kereta berkecepatan tinggi, termasuk dengan kemunculan Shanghai Maglev.

Saat ini, kecepatan kereta api berkecepatan tinggi tercepat di China mencapai sekitar 350 km/jam. Angka tersebut diklaim sebagai yang tercepat di dunia dan melampaui kereta berkecepatan tinggi di Jepang dan Prancis yang ditetapkan pada 320 kilometer/jam.



Shanghai Maglev

Mengenal Shanghai Maglev, Kereta Tercepat China yang Mampu Melaju 501 Km per Jam

Pada perkembangannya, China membuat gebrakan menarik di bidang transportasi dengan meluncurkan kereta levitasi magnetik (maglev) tercepat. Shanghai Maglev menjadi varian komersial tertua yang masih beroperasi di Negeri Tirai Bambu ini.

Shanghai Maglev atau biasa dikenal juga Shanghai Transrapid merupakan kereta tercepat di dunia, setidaknya sampai saat ini. Kereta tersebut memiliki kecepatan tertinggi 501 kilometer / jam dan kecepatan rata-rata 251 km/jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)