Soal Limbah Nuklir Fukushima, Korsel Terima Keputusan IAEA

Rabu, 05 Juli 2023 - 23:24 WIB
loading...
Soal Limbah Nuklir Fukushima, Korsel Terima Keputusan IAEA
IAEA pastikan rencana Jepang untuk melepaskan air radioaktif nuklir Fukushima ke laut sudah sesuai standar keamanan. FOTO/ TELEGRAF
A A A
SEOUL - Pemerintah Korea Selatan akhirnya menghormati laporan Badan Energi Atom Internasional ( IAEA ) tentang rencana Jepang untuk membuang air limbah nuklir Fukushima ke laut.



"Kami menghormati temuan mereka," kata Wakil Kepala Kantor Koordinasi Kebijakan Pemerintah Korea Selatan Park Ku Yeon seperti dilansir dari Kantor Berita Jerman (DPA), Kamis (5/7/2023)

Di saat yang sama, Park mengumumkan bahwa hasil analisis rencana pembuangan Korea Selatan akan disampaikan secepatnya.

Jepang berencana membuang air yang digunakan untuk mendinginkan reaktor mati ke laut setelah air disaring dan dicairkan.

Sebelumnya, IAEA pastikan rencana Jepang untuk melepaskan air radioaktif nuklir Fukushima ke laut sudah sesuai standar keamanan.

Setelah tinjauan selama dua tahun, pengawas nuklir PBB juga mengatakan bahwa pelepasan air yang diolah oleh Sistem Pemrosesan Cairan Lanjutan (ALPS), sistem pemurnian pabrik, menghasilkan sedikit dampak radiologis pada manusia dan lingkungan.

“Berdasarkan penilaian komprehensifnya, IAEA menyimpulkan bahwa pendekatan dan aktivitas pembuangan air olahan ALPS Jepang konsisten dengan standar keselamatan internasional yang relevan,''

"IAEA mengatakan pelepasan air yang diolah secara terkendali dan bertahap ke laut, seperti yang saat ini direncanakan dan dinilai oleh TEPCO (Tokyo Electric Power), akan memiliki dampak radiologis yang sangat kecil pada manusia dan lingkungan," Kantor Berita Yonhap melaporkan mengutip Direktur Jenderal IAEA , Rafael Mariano Grossi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)