5 Tanda Bahaya Gunung Akan Meletus, Kenali dan Pahami!

Jum'at, 07 Juli 2023 - 06:43 WIB
loading...
5 Tanda Bahaya Gunung Akan Meletus, Kenali dan Pahami!
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (13/3/2023). Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah.
A A A
JAKARTA - Tanda bahaya gunung akan meletus menjadi hal yang perlu kita waspadai. Karena peristiwa gunung meletus sering memakan korban jiwa, kerusakan bangunan, dan mematikan aktivitas masyarakat yang terdampak.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengenali tanda bahaya gunung akan meletus.

Pada situasi darurat menghadapi bencana alam yang datang tiba-tiba, tanda gunung akan meletus akan menambah kewaspadaan kita dalam menghadapi bencana. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya gunung meletus. Berikut 5 tanda bahaya gunung akan meletus.

Tanda Bahaya Gunung Akan Meletus

1. Terjadi Peningkatan Suhu di Sekitar Wilayah Sekitar Gunung
Tanda bahaya gunung akan meletus yang pertama adalah peningkatan suhu di sekitar wilayah gunung yang drastis. Wilayah sekitar gunung akan terasa panas akibat terjadinya peningkatan suhu oleh aktivitas gunung berapi.

Erupsi yang terjadi pada gunung yang akan meletus dapat berpengaruh pada cuaca di sekitarnya yang membuat peningkatan suhu terjadi secara signifikan di sekitar wilayah gunung.

2. Muncul Awan Panas
5 Tanda Bahaya Gunung Akan Meletus, Kenali dan Pahami!

Ketika terjadi peningkatan pergerakan magma di gunung berapi, maka akan keluar awan panas yang berbentuk gumpalan dan memiliki suhu tinggi. Awan ini berbahaya jika terkena manusia. Awan panas gunung berapi adalah salah satu tanda bahaya gunung akan meletus, hasil letusan gunung berapi yang berbahaya menghasilkan awan panas.

Awan panas bergerak sangat cepat, sehingga kita perlu waspada akan datangnya awan ini. Kita harus segera mengevakuasi diri ketika terjadi tanda-tanda adanya awan panas di sekitar gunung.

3. Jumlah Sumber Mata Air Berkurang
Sumber air di sekitar gunung akan mengering akibat adanya suhu panas di area gunung berapi. Air akan terasa hangat, tidak seperti biasanya saat terjadi tanda-tanda gunung akan meletus. Efeknya membuat cadangan air di tanah menguap karena panas dari magma aktivitas vulkanis.

Air akan menyurut karena faktor lain dari aktivitas gunung, dan membuat kita susah untuk mendapatkan air.

4. Hewan-Hewan Akan Turun Gunung
Berbagai hewan penghuni gunung akan berbondong-bondong menjauh dari area gunung karena peka terhadap sesuatu yang akan terjadi. Salah satu tanda bahaya gunung akan meletus adalah banyak hewan yang keluar dari wilayah gunung. Hewan penghuni asli gunung akan turun ke kaki gunung, dan tidak sedikit yang masuk ke wilayah pemukiman setempat.

Terdapat aktivitas vulkanik dan menigkatnya suhu menjadi salah satu penyebab hewan-hewan menjauh dari area sekitar gunung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6720 seconds (0.1#10.140)