Ribuan Ikan Mati di Sungai El-Aziz Irak karena Kekurangan Oksigen

Jum'at, 07 Juli 2023 - 18:48 WIB
loading...
Ribuan Ikan Mati di Sungai El-Aziz Irak karena Kekurangan Oksigen
Ikan Mati di Sungai El-Aziz Irak. FOTO/ AFP
A A A
JAKARTA - Ribuan ikan mati karena kekurangan oksigen setelah permukaan air turun drastis di Sungai El-Aziz di Maysan, Irak selatan, dekat perbatasan Iran.



Industri perikanan lokal, yang merupakan sumber pendapatan penting bagi masyarakat di daerah tersebut, sangat terpengaruh oleh kenaikan suhu dan penurunan permukaan air.

Penduduk setempat telah melaporkan kekhawatiran mereka kepada pihak berwenang, menurut Anadolu Agency.

Pemerintah Irak telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Sebelumnya, Ribuan ikan mati di pantai Texas Tenggara. Ikan-ikan itu mati lemas, karena kekurangan oksigen di bawah laut, setelah berjuang untuk mendapatkan oksigen.

Pihak Departemen Texas pun mengeluarkan peringatan kepada masyarakat agar sementara menjauhi pantai. Meski demikian, masyarakat tampak mengambil ikan-ikan itu lalu membersihkannya untuk di makan.

Katie St Clair, manajer fasilitas Sea Life di Texas A&M University mengatakan, pihaknya matinya ribuan ikan itu diduga karena kekurangan oksigen di bawah laut, sehingga ikan mati lemas.

"Air hangat tidak ideal untuk ikan. Itu cenderung memiliki lebih sedikit oksigen. Itu terutama benar di air dangkal, yang memanas lebih cepat," katanya, dikutip dari NPR

Dilanjutkan dia, laut dekat pantai cukup tenang selama beberapa minggu terakhir, yang berarti ada beberapa gelombang dan angin untuk membantu mendistribusikan kembali oksigen di dalam air.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)