3 Senjata Militer Andalan India, Salah Satunya Kapal Bekas Angkatan Laut Rusia

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:06 WIB
loading...
3 Senjata Militer Andalan India, Salah Satunya Kapal Bekas Angkatan Laut Rusia
3 Senjata Militer Andalan India,. FOTO/ REUTERS
A A A
NEW DELHI - India merupakan salah satu negara yang memiliki kekuatan militer terbaik dunia. Menurut Global Fire Power, negara dengan julukan ‘Anak Benua’ ini menduduki peringkat ke-4 negara terkuat di dunia.

Salah satu kekuatan terbesar yang dimiliki India yaitu karena mempunyai senjata yang terbilang sangat lengkap. Tercatat terdapat sejumlah senjata militer yang menjadi andalannya.

Berikut tiga senjata militer yang kerap dijadikan andalan militer India:

1. Rudal Balistik Antar Benua Agni-V


Rudal Balistik Antar Benua Agni-V merupakan senjata militer andalan India yang dapat membawa hulu ledak nuklir dan menjangkau target di seluruh Asia dan Eropa. Rudal ini diketahui dikembangkan oleh Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO).

Senjata yang dikembangkan pada tahun 2008 ini memiliki ukuran yang cukup besar. Rudal Balistik Agni-V memiliki panjang sekitar 17,5 m, diameter 2 m, berat 50 ton dan jangkauannya lebih dari 5.000 km.

Rudal yang satu ini juga tergolong sangat canggih. Rudal Balistik Agni-V telah dilengkapi dengan sistem navigasi dan panduan canggih. Lebih dari itu, rudal ini memiliki kemampuan untuk membawa beberapa reentry vehicle yang dapat ditargetkan secara mandiri (MIRV).

Rudal Agni-V merupakan bagian dari rangkaian rudal Agni, yang mencakup Agni-I, Agni-II, Agni-III, dan Agni-IV. Kelima rudal tersebut dinamai Dewa Api dalam mitologi Hindu.

2. Senapan Tentara India (INSAS)


INSAS adalah sistem senjata ringan yang digunakan oleh Angkatan Darat India sejak tahun 1998. Senapan yang satu ini terdiri dari senapan mesin ringan, senapan serbu, dan karabin.

Senapan ini telah digunakan dalam sejumlah perang India, salah satunya pada Perang Saudara Nepal pada tahun 1996 hingga 2006. Senapan ini diketahui memiliki dimensi kaliber dengan ukuran 5,56 mm dan dapat menembakan peluru dengan kecepatan mencapai 900 m/s.

3. Kapal Induk INS Vikramaditya


Kapal Induk ini merupakan kapal perang terbesar yang dimiliki oleh Angkatan Laut India. Kapal Induk INS Vikramaditya adalah kapal bekas Uni Soviet yang dibeli oleh India pada tahun 2004 dan telah melewati banyak renovasi secara besar-besaran.

Kapal Induk INS Vikramaditya memiliki panjang 284 m, lebar 60 m dan beratnya mencapai 45.400 ton. Kapal ini dapat mengangkut sekitar 30 pesawat tempur dan helikopter, seperti Mig-29K, Ka-31, dan Ka-28.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)