NASA Ingin Menambang Asteroid Bernilai USD10 Kuadriliun, Lebih Besar dari Ekonomi Bumi

Sabtu, 22 Juli 2023 - 08:18 WIB
loading...
NASA Ingin Menambang Asteroid Bernilai USD10 Kuadriliun, Lebih Besar dari Ekonomi Bumi
Ilmuwan NASA dan asteroid yang diperkirakan memiliki kandungan senilai USD10 kuadriliun. Foto: NASA
A A A
AMERIKA - NASA dikenal memiliki misi untuk meneliti alam semesta. Tapi, di misi terbaru, mereka tidak hanya ingin meneliti. Tapi, juga menambang dan mencari cuan sebuah asteroid yang diperkirakan memiliki nilai lebih besar dibandingkan ekonomi bumi.

Badan Antariksa Amerika Serikat itu sedang berupaya untuk mengejar asteroid yang nilainya USD10.000 kuadriliun menggunakan pesawat luar angkasa Psyche pada 5 Oktober 2023 mendatang.

Sekarang, NASA sedang mempersiapkan pesawat Psyche. Pesawat itu direncanakan untuk terbang mengejar asteroid, mempelajari batuan di dalamnya, bahkan menambang material yang dikandungnya. Pesawat Psyche akan menempuh jarak sekitar 310.410.000 mil dari bumi.

Harta Karun di Asteroid

Tapi, mengapa asteroid tersebut memiliki nilai yang begitu tinggi? Menurut NASA, asteroid itu diperkirakan memiliki inti besi, nikel dan juga emas. Jika perkiraan NASA terbukti benar, maka mereka akan menambang material tersebut. Asteroid itu diperkirakan bernilai total USD10.000 kuadriliun, berkali-kali lipat dibandingkan jumlah seluruh ekonomi global yang diperkirakan hanya sekitar USD110 triliun.

NASA Ingin Menambang Asteroid Bernilai USD10 Kuadriliun, Lebih Besar dari Ekonomi Bumi

Perkiraan tampilan di permukaan asteroid. Foto: NASA

“Jelang 100 hari sebelum peluncuran, tim insinyur dan teknisi bekerja hampir sepanjang waktu untuk memastikan pengorbit siap melakukan perjalanan 2,5 miliar mil ke asteroid kaya logam. Kami ingin tahu lebih banyak tentang inti planet dan bagaimana terbentuknya,” beber keterangan NASA.

“Tim sedang melakukan berbagai kegiatan pelatihan untuk memastikan bahwa kami siap," lanjutnya. Psyche akan diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon Heavy dari Space Launch Complex 39A di Kennedy Space Center yang dijadwalkan pada 25 Oktober. Ini akan menjadi peluncuran antarplanet pertama roket Falcon.



NASA Ingin Menambang Asteroid Bernilai USD10 Kuadriliun, Lebih Besar dari Ekonomi Bumi

PesawatPsyche yang akan dipakai untuk mencapai asteroid. Foto: NASA

Setelah keluar dari gravitasi Bumi, pesawat akan menggunakan penggerak listrik tenaga surya selama enam tahun. NASA mengatakan ini akan memberikan kesempatan unik untuk menjelajahi benda kaya logam yang mungkin merupakan bagian dari bahan penyusun planet purba.

Begitu pesawat ruang angkasa mencapai Psyche di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, ia akan menghabiskan setidaknya 26 bulan mengorbit batuan tersebut, mengumpulkan gambar dan data lain yang akan memberi tahu para ilmuwan lebih banyak tentang sejarahnya dan terbuat dari apa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)