China Sukses Luncurkan 4 Satelit Cuaca Komersial Tianmu 1 ke Orbit

Sabtu, 22 Juli 2023 - 22:56 WIB
loading...
China Sukses Luncurkan 4 Satelit Cuaca Komersial Tianmu 1 ke Orbit
China sukses meluncurkan satelit cuaca komersial baru Tianmu 1 dari Gurun Gobi pada Rabu 19 Juli 2023. Foto/Ourspace
A A A
BEIJING - China sukses meluncurkan satelit cuaca komersial baru Tianmu 1 dari Gurun Gobi pada Rabu 19 Juli 2023. Roket Kuaizhou 1A yang menggunakan bahan bakar padat lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut.

Peluncuran empat satelit Tianmu 1, yang diberi nomor 07-10, untuk mengumpulkan data cuaca. Satelit dan tingkat atas roket kemudian terdeteksi oleh pelacakan kesadaran domain ruang angkasa di orbit dengan ketinggian sekitar 524 kilometer dan kemiringan 97,4 derajat.

Konstelasi Tianmu 1 dimaksudkan untuk menyediakan layanan data meteorologi komersial global, termasuk prakiraan cuaca numerik, pemantauan dan prakiraan topan, serta penelitian perubahan iklim. Satelit tersebut dikembangkan oleh anak perusahaan China Aerospace Science and Industry Corporation, atau CASIC yang dikelola negara.



Misi tersebut mengikuti peluncuran serupa pada bulan Maret tahun ini, yang melihat satelit Tianmu 1 (03-06) mencapai orbit. Satelit Tianmu mendeteksi perubahan sinyal yang ditransmisikan oleh satelit navigasi seperti GPS dan Beidou saat melewati atmosfer bumi.

“Beberapa sinyal navigasi ditransmisikan melalui lapisan atmosfer yang berbeda atau media yang berbeda, dan akan ada pelemahan dan perbedaan antara sinyal-sinyal ini. Kami dapat memperoleh informasi berharga dari media yang ditembusnya, dari karakteristik dan kepadatannya, atau fitur lainnya,” kata Gao Wei, direktur operasi strategis konstelasi Tianmu 1, kepada CCTV+.
China Sukses Luncurkan 4 Satelit Cuaca Komersial Tianmu 1 ke Orbit


Gao menjelaskan, pada tahun 2025, sistem Tianmu 1 akan memberikan layanan yang stabil untuk berbagai kategori pengguna. “Pada saat yang sama, kami dapat melayani strategi nasional dengan lebih baik dan meningkatkan ekonomi nasional,”katanya.

Kuaizhou 1A untuk peluncuran disediakan oleh Expace, sebuah perusahaan pembuat roket yang dipisahkan dari CASIC. Roket itu dapat membawa muatan 440 pound atau 200 kilogram ke orbit sinkron matahari setinggi 700 km.



Kuaizhou 1A kini telah terbang 21 kali dan mencatatkan 19 peluncuran yang sukses. Peluncuran baru tersebut merupakan misi orbit ke-28 China pada tahun 2023, direncanakan Beijing akan meluncurkan lebih dari 200 pesawat ruang angkasa tahun ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)