Spesifikasi CV90, Kendaraan Tempur Infanteri Ukraina yang Direbut Pasukan Rusia

Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:49 WIB
loading...
Spesifikasi CV90, Kendaraan Tempur Infanteri Ukraina yang Direbut Pasukan Rusia
Pasukan Ukraina baru saja kehilangan kendaraan tempur infanteri (IFV) buatan Swedia yang bernama CV90. Foto/Jorchr
A A A
JAKARTA - Pasukan Ukraina baru saja kehilangan kendaraan tempur infanteri (IFV) buatan Swedia yang bernama CV90. Hal ini terjadi setelah tentara Rusia melakukan serangan di dekat Kreminna, Luhansk.

Pada sebuah video dan foto yang beredar di media sosial, prajurit Rusia tampak tengah berdiri di depan kendaraan tempur itu. Kondisi ini mengindikasikan bahwa CV90 telah direbut dan mungkin akan dipelajari dengan tujuan spionase teknologi.

Ukraina baru menerima bantuan CV90 beberapa waktu lalu. Kendaraan tempur seri CV90 diklaim sebagai sistem persenjataan berteknologi canggih yang diharapkan bisa mendukung kekuatan tempur tentara Kiev di medan perang.

Lantas, seperti apakah spesifikasi dan kecanggihan kendaraan tempur infanteri CV90 yang digunakan Ukraina ini? Simak ulasannya berikut ini.

Riwayat CV90 Ukraina

Combat Vehicle 90 atau biasa dikenal CV90 merupakan kendaraan tempur lapis baja yang diproduksi BAE System Land Hagglunds dan Saab Bofors Dynamics dari Karlskoga, Swedia. Nama lain dari sistem persenjataan ini adalah Stridsfordon 90 (Strf 90).

Mengutip laman Army Technology, pengembangan CV90 telah dilakukan sejak 1984. Tujuan perancangannya kala itu adalah untuk membuat kendaraan tempur lapis baja dengan mobilitas taktis serta kemampuan bertahan yang tinggi.

Adapun produksi mulai dilakukan pada 1993. Pada 2021 lalu, lebih dari 1.300 unit dalam 15 varian telah dikirimkan untuk beroperasi di Swedia, Norwegia, Swiss, Finlandia, Belanda, Denmark, dan lainnya.

Spesifikasi CV90 Ukraina

Produksi pertama CV90 memang sudah dilakukan cukup lama. Meski demikian, pengembang terus memberi peningkatan fitur dan teknologi terbaru untuk mengikuti kemajuan zaman.

Pada bagian tubuhnya, CV90 memiliki lambung dengan pelindung baja. Komponen ini diklaim mampu menahan serangan peluru penembus baja 30 mm. Tak hanya itu, versi terbaru dari ranpur ini bahkan dikatakan tahan terhadap ledakan ranjau setara dengan 10 kg TNT.

CV90 mampu membawa tiga awak dengan tugas masing-masing sebagai komandan, pengemudi, serta penembak. Selain itu, mereka juga dapat menampung hingga delapan tentara lain di bagian dalamnya.

Memiliki bobot sekitar 22,5 ton, ranpur infanteri ini kompatibel dengan berbagai macam persenjataan. Sehingga komandan operasi bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan misi dengan segala pertimbangan.

Persenjataan utama yang dimiliki CV90 adalah meriam Bofors 40 mm yang telah mendapat pembaruan dan modifikasi terbaru. Sementara itu, versi ekspor biasanya dipersenjatai dengan meriam 30 mm atau 35 mm. Selain itu, tersemat juga senapan mesin koaksial 7,62 mm dan mortir 71 mm.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)