Ilmuwan Sebut Perubahan Iklim Bangkitkan Kembali Patogen Purba

Kamis, 03 Agustus 2023 - 07:33 WIB
"Jika patogen telah hidup berdampingan dengan komunitas bakteri, manusia atau hewan untuk waktu yang lama, Anda dapat mengharapkan beberapa evolusi bersama antara patogen dan komunitas lokal, yang mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh patogen terhadap ekosistem," kata Strona.

"Tetapi ketika Anda memiliki penyerbu yang melakukan perjalanan waktu, Anda jelas memiliki pengenalan elemen baru dari risiko."

Untuk memperkirakan bagaimana patogen yang muncul kembali dapat memengaruhi ekosistem modern, Strona dan timnya secara digital mensimulasikan evolusi patogen mirip virus yang mampu menginfeksi dan menyebabkan penyakit pada inang mirip bakteri.

Dalam simulasi, mikroba digital harus bersaing untuk mendapatkan sumber daya, meniru apa yang terjadi di dunia nyata.

Beberapa virus menginfeksi dan membunuh sebagian kecil dari inang yang mirip bakteri. Sementara inang bakteri lainnya mengembangkan kekebalan terhadap patogen yang berkembang.

Dengan "menginfeksi" 5% inang mirip bakteri modern dengan patogen mirip virus kuno dari generasi yang jauh lebih awal, tim menemukan bahwa 1% patogen virus dapat secara substansial mengganggu komunitas bakteri yang baru berevolusi.Beberapa penyerbu virus menyebabkan 32% spesies mirip bakteri mati, sementara yang lain menyebabkan keragaman spesies mirip bakteri meningkat hingga 12%.