5 Fakta Menarik Laut Hitam, Tidak Punya Oksigen dan Pasang Surut

Kamis, 03 Agustus 2023 - 16:04 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Laut Hitam, Tidak Punya Oksigen dan Pasang Surut
Laut hitam punya keunikannya sendiri yang menjadi daya tarik wisatawan. Foto: Traveloffpath
A A A
TURKI - Laut Hitam merupakan sebuah laut pedalaman yang terletak antara ujung tenggara Eropa dengan Asia Kecil atau Anatolia. Laut ini menjadi jalur
transportasi laut penting dan destinasi wisata bagi beberapa negara.

Laut yang satu ini telah dibatasi oleh beberapa negara, seperti Turki, Bulgaria, Rumania, Ukraina, Rusia dan Georgia. Dikenal sebagai Euxine Sea, laut hitam adalah laut pedalaman yang mengandung banyak misteri dan fakta menarik.

Berikut ini adalah lima fakta menarik dari laut hitam yang bisa diketahui:

1. Nama Laut Hitam
5 Fakta Menarik Laut Hitam, Tidak Punya Oksigen dan Pasang Surut

Perlu diketahui bahwa nama laut hitam ternyata berasal dari orang Turki yang menyebutnya Karadeniz, yang berarti laut hitam. Salah satu alasan penamaan laut tersebut yaitu kondisi lautnya yang sulit untuk dikendalikan.

Laut ini dikenal dengan kondisinya yang sulit dinavigasi oleh para pelaut yang hendak melintas. Pada saat itu, Turki akan mengambil kawasan ini dan secara tiba-tiba badai hebat melanda perairan, sehingga mulai saat itu Black Sea disebut Karadeniz atau yang berarti Laut Hitam.

2. Laut Hitam Tidak Memiliki Oksigen

Laut Hitam memiliki kondisi air yang anoxic, yaitu tidak ada oksigen di dalam air. Hal ini disebabkan oleh ciri khas Laut Hitam yang merupakan cekungan meromictic terbesar di dunia. Cekungan meromictic adalah tempat air yang lapisan atas dan bawahnya tidak pernah bercampur.

Lapisan atas air Laut Hitam hanya 10% dari total volume laut, dan memiliki kadar oksigen dan garam yang lebih rendah daripada lapisan bawah. Lapisan bawah air Laut Hitam mencapai 90% dari total volume laut, dan hampir tidak memiliki oksigen sama sekali.

3. Memiliki Ketinggian Air yang Stabil
5 Fakta Menarik Laut Hitam, Tidak Punya Oksigen dan Pasang Surut

Ketinggian air di laut hitam akan tetap sama sepanjang waktu karena tidak adanya air pasang atau surut. Maka dari itu, laut hitam tidak akan mengalami fluktuasi pada permukaan air dan menjaganya tetap tenang di permukaan laut.

Selain itu, air dari laut ini termasuk air yang memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Sehingga benda-benda mati maupun hidup, akan cenderung mengapung jika berada di atasnya.

4. Dikelilingi Pulau Eksotis

Laut hitam memiliki keindahan lain, yaitu dikelilingi oleh berbagai pulau yang nampak eksotis. Pulau-pulau yang ada disana berjumlah lebih dari sepuluh dan menjadi rumah bagi flora dan fauna.

Sebagian besar pulau-pulau yang ada disana dimiliki negara-negara sekitarnya, seperti Bulgaria, Ukraina, Turki, dan Rumania. Termasuk Pulau Ular, yang terletak di dekat Delta Danube.


5. Obyek Wisata Favorit Kapal Pesiar

Meskipun dikenal sebagai laut yang menyeramkan, laut hitam ternyata masih banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Dengan pegunungan tinggi dan indah, negara-negara yang berada di tepi laut ini menjadi tempat singgah bagi para wisatawan asing.

Selain keindahannya, banyak sejarah yang ada di laut ini menjadikan banyak kapal pesiar yang berlabuh di beberapa pulau yang ada disana. Laut ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi sebagian orang diseluruhdunia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)