Bola Api Raksasa Melintas di Langit Australia, Disertai Suara Ledakan

Rabu, 09 Agustus 2023 - 15:12 WIB
loading...
Bola Api Raksasa Melintas di Langit Australia, Disertai Suara Ledakan
Fenomena langit berupa bola api berukuran raksasa muncul di langit Australia pada Minggu 6 Agustus 2023. (Foto: The Debrief)
A A A
MELBOURNE - Fenomena langit berupa bola api berukuran raksasa muncul di langit Australia pada Minggu 6 Agustus 2023 tengah malam.

Sejumlah penduduk Melbourne di negara bagian Victoria juga dikejutkan ledakan keras yang diduga berasal dari bola api tersebut.

Dikutip dari The Debrief, Rabu (9/8/2023), Badan Antariksa Australia memastikan bola api tersebut merupakan sisa dari roket Soyuz-2 milik Rusia yang terbakar di udara.



"Kami telah menentukan kilatan cahaya yang terlihat di langit Melbourne semalaman kemungkinan merupakan sisa-sisa roket Soyuz-2 Rusia yang masuk kembali ke atmosfer Bumi," bunyi pernyataan yang diposting di platform X.

Menurut Badan Antariksa Australia, peluncuran roket Soyuz-2 telah dilakukan lebih awal malam itu dari Kosmodrom Plesetsk.

“Menurut otoritas Rusia, peluncuran tersebut menempatkan satelit navigasi global ‘GLONASS-K2’ generasi baru ke orbit,” bunyi pernyataan itu.



"Peluncuran ini telah diberitahukan dan sisa-sisa roket direncanakan untuk memasuki kembali atmosfer dengan aman ke laut lepas pantai tenggara Tasmania."
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)