Apakah Hujan Meteor Itu Berbahaya? Simak Ulasannya

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 17:34 WIB
loading...
Apakah Hujan Meteor Itu Berbahaya? Simak Ulasannya
Apakah hujan meteor berbahaya? Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hujan meteor Perseid diprediksi akan berlangsung pada 13 Agustus 2023 mendatang. Fenomena astronomi ini bisa disaksikan langsung dari wilayah Indonesia.

Mengutip laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), meteor atau biasa dikenali sebagai bintang jatuh adalah fenomena astronomi saat benda antariksa melintas menuju atmosfer bumi. Hujan meteor bisa terjadi pada waktu tertentu dengan intensitas dan durasi yang tidak teratur.

Bagi sebagian orang, meteor mungkin terdengar menakutkan. Banyak film yang menceritakan jatuhnya meteor bisa mengancam kehidupan manusia di bumi.

Lantas, apakah fenomena sejenis hujan meteor ini memang berbahaya? Simak ulasannya berikut.

Apa Hujan Meteor Berbahaya?

Meteor adalah batuan luar angkasa yang memasuki atmosfer bumi. Saat bumi bertemu banyak meteoroid sekaligus, inilah yang dinamakan hujan meteor atau meteor shower.



Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang Hasanuddin, hujan meteor tidak berbahaya untuk Bumi atau manusia. Fenomena ini juga tidak mengakibatkan lapisan ozon menipis karena meteor akan lebih dulu habis terbakar oleh atmosfer bumi sebelum sampai ke permukaan.

Menyikapi fenomena seperti hujan meteor, masyarakat tidak perlu khawatir atau cemas. Singkatnya, meteor shower cenderung aman dan tidak berbahaya.

Meteor dapat dianggap berpotensi bahaya ketika memiliki ukuran lebih dari 140 meter dengan jarak perpotongan orbit minimal sekitar 5 juta kilometer.Jika ada sisa-sisa meteor besar yang menghantam ke tanah, biasanya mereka akan menciptakan lubang atau kawah tersendiri pada tempat mendaratnya.

Demikian penjelasan mengenai apakah fenomena hujan meteor berbahaya atau tidak.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5650 seconds (0.1#10.140)