48 Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi dan Belum, Apa Saja?

Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:36 WIB
loading...
48 Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi dan Belum, Apa Saja?
Tanda-tanda kiamat telah disebutkan dalam Al Quran dan hadits Nabi. (Foto: Live Science)
A A A
JAKARTA - Sebagai umat Islam, percaya akan datangnya hari kiamat merupakan salah satu dari rukum iman. Meski tidak ada yang tahu kapan terjadinya, namun Allah SWT dalam Al Quran telah menyebutkan tanda-tanda kiamat .

Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya juga telah memberikan peringatan bahwa kiamat pasti terjadi lengkap dengan tanda-tandanya, apa saja?

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Muhammad Ayat 38:

فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً ۖ فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا ۚ فَأَنَّىٰ لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ ﴿[١٨﴾]]

fahal yanzhuruuna illaa alssaa'ata an ta/tiyahum baghtatan faqad jaa-a asyraathuhaa fa-annaa lahum idzaa jaa-at-hum dzikraahum

“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang?”



Di hari kiamat pintu pertobatan telah ditutup dan manusia berada dalam kebingungan luar biasa. Lantaran itu tanda-tanda kiamat sejatinya berfungsi memperingatkan umat manusia tentang azab yang akan datang serta pengingat sifat fana dunia. Manusia juga diingatkan tentang tujuan hidup di dunia adalah untuk beribadah.

Berdasarkan kategorisasi waktunya, berikut tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan belum terjadi dikutip dari Islamic Finder, Minggu (20/8/2023).

Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)