Misteri Makhluk Laut Mirip Film Alien Facehugger dengan 20 Lengan Akhirnya Terkuak

Senin, 21 Agustus 2023 - 10:19 WIB
loading...
Misteri Makhluk Laut Mirip Film Alien Facehugger dengan 20 Lengan Akhirnya Terkuak
Bintang bulu stroberi yang ditemukan di laut Antartika (kiri) mengejutkan banyak orang karena penampilannya yang mirip film Alien Facehugger (kanan). Foto: Live Science.
A A A
JAKARTA - Teka-teki spesies makhluk laut langka dengan 20 lengan yang mirip alien akhirnya terjawab. Spesies laut yang ditemukan di Antartika itu ternyata menyimpan banyak kejutan.

Teka-teki spesies makhluk laut langka dengan 20 lengan yang mirip alien akhirnya terjawab. Spesies laut yang ditemukan di Antartika pada 14 Agustus 2023 lalu itu itu ternyata menyimpan banyak kejutan.

Diketahui saat pertama kali ditemukkan, spesies itu memiliki penampilan yang sangat unik. Mahkluk aneh berukuran panjang 8 inci ini memiliki lengan bergelombang dan berbulu yang mengingatkan banyak orang pada film-film alien.

Ilmuwan dari University of California, San Diego, Amerika Serikat, memberi nama spesies baru ini strawberry feather star atau bintang bulu stroberi. Diberi nama stroberi karena setelah melihat dari dekat, makhluk itu mempunyai puncak lengan menyerupai buah stroberi.

Para peneliti sendiri memasukkan temuan itu dalam kelompok Crinoid atau lili laut baru. Disebutkan baru karena bintang bulu stroberi lebih mirip dengan bulu laut yang ridak menempelkan diri ke dasar laut.

Misteri Makhluk Laut Mirip Film Alien Facehugger dengan 20 Lengan Akhirnya Terkuak

Sebaliknya bintang bulu stroberi justru meninggalkan tangkainya setelah dianggap cukup dewasa. Dari situ bintang bulu stroberi bergerak di dasar laut dengan menggerakan lengannya yang bergelombang dengan tersinkronisasi.

Nah, menariknya menurut Live Science adalah kesalahpahaman mengenai bintang bulu stroberi. Sebelumnya para peneliti yakin hanya ada satu spesies bintang bulu stroberi yakni yang ditemukan di dasar laut Antartika.

Nyatanya penelitian lebih lanjut ternyata menyebutkan bintang bulu stroberi terdiri dari delapan spesies. Mereka tersebar di berbagai perairan yang mengelilingi benua paling selatan.

Diperkirakan mereka hidup pada kedalaman berkisar antara 100 meter hingga 1.000 meter.

Untuk menemukan fakta itu, para peneliti sendiri melakukan pencarian sampel yang melintasi laut selatan. Dari wilayah tersebut dikumpulkan sampel-sampel makhluk yang memiliki kedekatan dengan bintang bulu stroberi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)