Dinosaurus Vegetarian Tertua di Dunia Ditemukan di India

Selasa, 22 Agustus 2023 - 10:10 WIB
loading...
Dinosaurus Vegetarian Tertua di Dunia Ditemukan di India
Fosil Tharosaurus indicus ditemukan di Gurun Thar, India. Foto: NY Times
A A A
INDIA - Sekelompok peneliti di India berhasil menemukan fosil dinosaurus yang diyakini sebagai dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan tertua di dunia. Bagaimana ceritanya?

Ilmuwan dari Indian Institute of Technology Roorkee dan Geological Survey of India (GSI) berhasil menemukan fosil dinosaurus yang diyakini sebagai dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan tertua di dunia.

Dalam laporan yang terangkum di Scientific Reports baru-baru ini disebutkan fosil dinosaurus itu ditemukan di gurun Thar yang ada di Rajasthan, India.

Lokasi penemuan itu membuat para peneliti menyebut dinosaurus tersebut dengan nama Tharosaurus indicus. Dalam laporan tersebut para peneliti juga menyampaikan pesan perlunya penelitian lebih dalam di India mengenai kehidupan prasejarah.

Ditemukannya fosil Tharosaurus indicus jadi bukti bahwa wilayah di negeri kari itu memang punya peranan penting. Apalagi faktanya Tharosaurus indicus diyakini merupakan dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan tertua di dunia.

“Gurun Thar saat ini merupakan wilayah yang sangat kering dan panas di bagian India barat. Namun di era Mesozoikum, wilayah itu merupakan garis pantai tropis di sepanjang Samudera Tethys, yang dihuni oleh dinosaurus dan makhluk laut," tulis laporan tersebut yang dikutip New York Times, Selasa (22/8) ini.

Dinosaurus Vegetarian Tertua di Dunia Ditemukan di India

Gurun Thar yang ada di Rajasthan, India. Foto: ist

Penemuan terbaru di gurun tersebut, berasal dari 167 juta tahun yang lalu, berasal dari kelompok dinosaurus yang disebut dicraeosaurid, yang memakan tumbuhan berleher panjang (walaupun tidak sepanjang kerabat dekat mereka).

Ini adalah kelompok pertama yang ditemukan di India, dan yang tertua yang pernah ditemukan dalam catatan fosil dunia.

Dr Sunil Bajpai dari GSI mengatakan upaya pencarian fosil di Gurun Thar sudah dimulai pada 2019. Upaya itu memang dilaukkan untuk mengungkap sejarah tersembunyi di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)