Mengenal Wahana Antariksa India Chandrayaan-3, Sukses Jalankan Misi Pendaratan di Bulan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 17:45 WIB
loading...
Mengenal Wahana Antariksa India Chandrayaan-3, Sukses Jalankan Misi Pendaratan di Bulan
Wahana antariksa India Chandrayaan-3 sukses mendarat di Bulan. Foto/ISRO
A A A
JAKARTA - Wahana antariksa India Chandrayaan-3 dilaporkan sukses mendarat di Bulan. Pencapaian ini membuat India bergabung bersama negara lain seperti Amerika Serikat dan China yang telah mencapai pendaratan di Bulan terlebih dahulu.

Tak hanya itu, India juga mengukir sejarah baru sebagai negara pertama yang mendaratkan wahana antariksanya di kutub selatan bulan. Sebelumnya, negara lain belum mencapai titik tersebut sebagaimana Chandrayaan-3.

Wahana Antariksa India Chandrayaan-3


Chandrayaan-3 adalah wahana antariksa India. Menggunakan roket LVM3, platform ini lepas landas dari Satish Dhawan Space Center, pada Jumat (14/7/2023) pukul 14.30 waktu setempat.



Mengutip Al Jazeera, Chandrayaan-3 memiliki arti ‘Pesawat Bulan’ dalam bahasa Sansekerta. Pada misi ke Bulan kali ini, pengembangan Chandrayaan-3 diperkirakan telah menghabiskan biaya sebesar 6 miliar rupee atau sekitar USD73 juta.

Misi Wahana Antariksa India Chandrayaan-3

Chandrayaan-3 sejatinya menjadi misi ambisius kedua India setelah sebelumnya gagal dengan Chandrayaan-2 pada 2019. Tujuannya adalah untuk mendarat di kutub selatan Bulan dan melakukan penjelajahan lebih lanjut.

Misi tersebut digagas oleh Indian Space Research Organisation (ISRO). Dalam hal ini, mereka menyebut bahwa misi Chandrayaan-3 memiliki tiga tujuan utama.

Pertama, mendemonstrasikan pendaratan yang aman dan lembut di permukaan bulan. Setelah berhasil mendarat dengan baik, tujuan berikutnya adalah melakukan penjelajahan bulan sambil mengumpulkan data serta membuat serangkaian percobaan ilmiah.

Sukses Mendarat di Bulan


Indian Space Research Organisation (ISRO) mengumumkan bahwa Chandrayaan-3 telah mendarat mulus di Bulan. Keberhasilan ini disambut suka cita para warga India yang merasa bangga.

The Indian Express menyebutkan bahwa wahana antariksa ini telah didaratkan dengan lembut alias soft landing ke permukaan bulan. Artinya, pendaratan tersebut sudah sesuai dengan salah satu misi yang diemban sebelumnya.

Pendaratan dengan lembut memiliki arti bahwa wahana antariksa mendarat dengan kecepatan yang lembut dan terkendali. Hal ini penting dilakukan agar nantinya tidak menimbulkan kerusakan pada pesawat luar angkasa maupun pendarat bulan yang dibawanya.

Itulah sedikit ulasan mengenai wahana antariksa India Chandrayaan-3 yang dilaporkan telah sukses mendarat di Bulan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)