Pesawat Dragon Milik SpaceX Sukses Bawa 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa

Senin, 28 Agustus 2023 - 07:34 WIB
loading...
Pesawat Dragon Milik SpaceX Sukses Bawa 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa
Para kru pesawat luar angkasa Dragon milik SpaceX yang berhasil mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional. Foto: NASA
A A A
JAKARTA - Pesawat luar angkasa Dragon milik SpaceX sukses membawa empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa International atau International Space Station (ISS).

Pesawat luar angkasa Dragon milik SpaceX sukses membawa empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa International atau International Space Station (ISS), Minggu (27/8) tadi malam.

Setelah sampai di ISS keempat astronot yang datang dari Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Rusia akan memulai bekerja selama enam bulan di orbit Bumi. Keempat astronot tersebut di antaranya adalah Jasmin Moghbeli dari Amerika Serikat, Andreas Mogensen Mogensen dari Eropa, Konstantin Borisov dari badan Roscosmos Rusia, dan Satoshi Furukawa dari Jepang. Kuartet ini adalah kru internasional pertama, dengan anggota dari empat badan antariksa dan negara berbeda, yang terbang dengan kapsul Dragon yang sama.

Kapten pesawat Dragon, Jasmin Moghbeli dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) dikutip situs Space mengaku bahagia bisa membawa Dragon sampai ke ISS. "Terima kasih sekali, saya selalu mengingatkan diri saya bahwa ini bukanlah mimpi," ujarnya.

Perjalanan mencapai ISS diketahui bukan pekerjaan mudah. Jasmin Moghbeli perlu menghabiskan waktu selama 30 jam nonstop meluncur dari Bumi ke ISS. Diketahui pesawat luar angkasa Dragon diluncurkan pada Sabtu (26/8) ini.

Hanya saja perjalanan melelahkan tersebut sangat bernilai karena misi yang dijalankan keempat astronot tersebut merupakan misi strategis.

Pesawat Dragon Milik SpaceX Sukses Bawa 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa

“Ini adalah langkah pertama dari perjalanan ini, misi sebenarnya dimulai sekarang,” ujar Andreas Mogensen. “Di Stasiun Luar Angkasa Internasional, kami memiliki banyak pekerjaan yang kami nantikan," tambahnya.

Disebutkan Space keempat astronot itu langsung bergabung dengan tujuh astronot yang sudah berada di stasiun tersebut.

Bagi SpaceX catatan penerbangan luar angkasa ini semakin menasbihkan kemampuan mereka. Misi ini merupakan penerbangan awak komersial operasional ketujuh yang dilakukan SpaceX untuk NASA, dan yang kedelapan bagi badan antariksa AS secara keseluruhan (termasuk penerbangan uji berawak).



Ini adalah misi berawak ke-11 SpaceX dengan menyertakan tiga penerbangan astronot swasta dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak heran jika Elon Musk mengapresiasi keberhasilan tersebut. "Dragon akhirnya bisa terkoneksi dengan ISS. Sangat luar biasa mengingat keduanya bergerak dalam 25 kali kecepatan suara," cuitnya di platfom X.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)