Hiu Purba Ditemukan di Laut Karibia, Umurnya Diperkirakan Ratusan Tahun

Kamis, 07 September 2023 - 11:00 WIB
loading...
Hiu Purba Ditemukan di Laut Karibia, Umurnya Diperkirakan Ratusan Tahun
Hiu Greenland memiliki umur panjang yaitu 250 hingga 500 tahun. (Foto: Hemming1952/Wikimedia Commons)
A A A
JAKARTA - Keberadaan hiu purba di perairan Karibia terungkap secara tidak sengaja. Uniknya lagi, hiu Greenland yang bisa hidup ratusan tahun lebih itu muncul ribuan kilometer dari habitat aslinya.

Dikutip dari Science Alert, Kamis (7/9/2023), para peneliti awalnya ingin menangkap hiu macan di lepas pantai Belize. Namun, kail pancing berpindah beberapa mil jauhnya dari terumbu karang ke perairan sedalam 2.000 kaki. Ketika tangkapan mulai melemah dan diangkat, mereka terkejut menemukan hiu Greenland purba.

"Kami tiba-tiba melihat makhluk yang bergerak sangat lambat dan lamban di bawah permukaan air. Itu tampak seperti sesuatu yang ada di zaman prasejarah,” kata peneliti Devanshi Kasana.

Awalnya, para ilmuwan menduga itu mungkin hiu enam insang, predator laut dalam yang dominan. Namun setelah memotret hewan, mereka memastikan identitasnya adalah hiu purba Greenland. "Kelihatannya sangat, sangat tua," kata peneliti lainnya, Hector Daniel Martinez.



National Ocean Service mencatat, hiu Greenland adalah vertebrata yang hidup paling lama di Bumi, dengan umur panjang yaitu 250 – 500 tahun.

Hiu ini hidup ribuan kaki di bawah air dalam kegelapan pekat dan jarang terlihat atau difoto. Hanya sedikit detail yang diketahui mengenai umur mereka yang sangat panjang.

Di kedalaman air, mereka tumbuh, bergerak, dan menua secara perlahan. Gaya hidup mereka yang hemat energi dan bergerak lambat merupakan adaptasi penting terhadap laut dalam yang kekurangan nutrisi.

Penemuan hiu Greenland di dekat terumbu karang di lepas pantai Belize adalah hal yang tidak terduga. Hiu ini rupanya dapat berkembang biak di laut dalam Arktik dan dapat menghuni wilayah laut dalam lainnya, termasuk Karibia.



Penemuan ini menimbulkan pertanyaan apakah hiu Greenland bermigrasi ke Karibia dari perairan Arktik atau menghabiskan sebagian besar hidupnya di kedalaman perairan tropis di wilayah tersebut. Pertanyaan ini masih belum terjawab. Namun ada kemungkinan besar lebih banyak lagi makhluk misterius ini yang berkeliaran di kedalaman gelap Karibia, tersembunyi dari manusia.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)