Bangkai Hiu Purba Seukuran Bus Terdampar di Pantai Inggris

Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:04 WIB
loading...
Bangkai Hiu Purba Seukuran Bus Terdampar di Pantai Inggris
Bangkai Hiu purba terdampar di pantai Inggris. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Bangkai hiu purba berukuran bus yang diyakini lahir pada masa pemerintahan Raja Henry VIII dari Inggris ditemukan terdampar di lepas pantai Cornwall akhir pekan lalu.

Seperti dilansir dari Daily Star, Jumat (18/3/2022), Bangkai hiu Greenland dengan umur antara 250 dan 500 tahun ditemukan oleh seorang pengunjung pantai di Port Newlyn pada 13 Maret.

Staf Cornwall Wildlife Foundation tiba di pantai satu jam kemudian setelah dihubungi. Namun, fenomena pasang surut dilaporkan telah menyapu hiu kembali ke laut.



Hewan itu kemudian ditemukan lagi kemarin oleh anggota awak perusahaan perjalanan Mermaid Pleasure Trip dan dibawa ke darat.

Para ahli memperkirakan hiu itu lahir pada masa pemerintahan Raja Henry VIII dari tahun 1509 hingga 1547. Namun, hal itu belum dapat dikonfirmasi melalui otopsi yang dilakukan oleh Marine Strandings Network.

Menurut laporan, temuan tersebut akan digunakan sebagai salah satu penelitian mamalia laut yang terdampar termasuk lumba-lumba dan paus.

Hiu Greenland berasal dari Arktik dan Samudra Atlantik Utara tetapi dapat ditemukan di perairan laut dalam di sekitar Inggris. Hanya satu spesies hiu yang pernah ditemukan di Inggris pada tahun 2013.

Hiu Greenland termasuk salah satu hiu terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga 7,3 meter dengan berat mencapai 1.200 kilogram.

Hiu memiliki tubuh silindris yang bisa berwarna hitam, cokelat, abu-abu, atau campuran ketiga warna itu. Mereka juga memiliki bintik-bintik.

Hiu Greenland mempunyai sisik seperti gigi yang disebut dentikel dermal, fungsinya membantu hiu bergerak lebih diam di air. Selain itu hiu memiliki 48 hingga 52 gigi di rahang atasnya dan 50 hingga 52 gigi di rahang bawahnya.

Gigi atas yang runcing membantunya mencengkeram makanan yang lebih besar. Sedangkan gigi bawah yang lebar dan melengkung dapat membantu memotong daging mangsanya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)