AS Uji Coba Rudal Balistik Tanpa Hulu Ledak, Ini Fakta Kekuatan ICBM Minuteman III

Jum'at, 08 September 2023 - 10:52 WIB
loading...
AS Uji Coba Rudal Balistik Tanpa Hulu Ledak, Ini Fakta Kekuatan ICBM Minuteman III
Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba penembakan rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III tanpa hulu ledak dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California, pada 6 September 2023. Foto/Space
A A A
VANDENBERG - Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba penembakan rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III tanpa hulu ledak dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California, pada 6 September 2023. Dalam uji coba ini AS menunjukkan sejumlah fakta menakutkan dari kekuatan ICBM Minuteman III.

Uji coba peluncuran tersebut memperlihatkan tiga kendaraan pendorong yang dirahasiakan dan jatuh mencapai target di Atol Kwajalein, Kepulauan Marshall, sejauh 6.760 km. Rudal balistik ICBM Minuteman III diluncurkan ke ruang suborbital dengan motor roket, kemudian melaju melalui lintasan balistik menuju target.

Profil penerbangan untuk uji coba pada 6 September tidak dipublikasikan, namun Minuteman III memiliki batas penerbangan 1.120 km di atas Bumi. Menurut lembar fakta Angkatan Udara AS rudal tersebut dapat mencapai kecepatan tertinggi sekitar 24.000 km/jam.



Fakta bahwa satu ICBM Minuteman III meluncurkan tiga kendaraan masuk kembali tak bersenjata, tampaknya menunjukkan pengujian tersebut untuk memverifikasi modul yang dikenal sebagai Kendaraan Masuk Kembali Independen Berganda (Multiple Independent Reentry Vehicles/MIRV).

Secara sederhana ini bisa diartikan bahwa muatan rudal balistik AS ini mampu membawa tiga jenis hulu ledak dan menyerang target berbeda setelah ditembakan ke suborbital. Kemudian melalui berbagai lintasan balistik memasuki kembali atmosfer bumi untuk mencapai target yang ditetapkan.
AS Uji Coba Rudal Balistik Tanpa Hulu Ledak, Ini Fakta Kekuatan ICBM Minuteman III


Diketahui ICBM Minuteman III adalah rudal balistik pertama yang dilengkapi dengan kemampuan seperti itu. “Uji coba peluncuran ini menunjukkan kesiapan kekuatan nuklir AS dan memberikan keyakinan akan efektivitas penangkal nuklir kami,” kata Kolonel Bryan Titus, wakil komandan Space Launch Delta 30, dikutip SINDOnews dari laman Space, Jumat (8/9/2023).

Peluncuran Luar Angkasa Delta 30 mengawasi peluncuran serupa hampir setahun yang lalu hingga tanggal 7 September 2022. Tes tersebut juga melibatkan ICBM Minuteman III yang mengirimkan tiga kendaraan masuk kembali yang dirahasiakan dari Vandenberg ke Situs Uji Pertahanan Rudal Balistik Ronald Reagan di Kepulauan Marshall. ' Wilayah Atol Kwajalein.



Minuteman III telah beroperasi sejak tahun 1970 tetapi akan digantikan pada tahun 2030 dengan LGM-35A Sentinel yang akan datang. Sentinel diperkirakan akan beroperasi hingga tahun 2075, menurut Pusat Senjata Nuklir Angkatan Udara AS.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)