5 Fakta Pulau Bergerak di Danau Chippewa Amerika Serikat, Bisa Didorong dengan Perahu

Jum'at, 08 September 2023 - 18:55 WIB
loading...
5 Fakta Pulau Bergerak di Danau Chippewa Amerika Serikat, Bisa Didorong dengan Perahu
Danau Chippewa di Amerika Serikat memiliki pulau terapung yang bergerak. Foto/YouTube AirFox Photography
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat memiliki sebuah pulau bergerak unik yang dapat berpindah-pindah. Lokasinya berada di Danau Chippewa , Wisconsin.

Danau Chippewa diketahui telah ada sejak 1923. Seiring waktu, muncul banyak rawa gambut di sekitarnya. Saking banyaknya, gambut yang tumbuh di permukaan bentuknya menjadi terlihat seperti pulau terapung (floating island).

Cukup banyak orang mengenalnya sebagai pulau bergerak. Hal ini karena kumpulan gambut tersebut memang dapat bergerak karena arus air dan tiupan angin di sekitarnya.

Lalu, seperti apa pulau bergerak di Danau Chippewa? Simak fakta-faktanya sebagai berikut.

Fakta Pulau Bergerak


1. Apa Itu Pulau Bergerak?


Pulau bergerak sendiri merupakan sebutan lain dari pulau terapung atau (Floating Island). Mengutip laman Scholarly Encyclopedia, pulau seperti ini umumnya ditemukan di rawa, danau, serta lahan basah lainnya.



Lebih jauh, pulau terapung ini berisikan kumpulan tumbuhan, lumpur, hingga gambut yang memiliki ketebalan tertentu. Karena menggumpal dan menyatu, maka bentuknya pun menjadi seperti pulau.

2. Asal Pulau Bergerak di Chippewa


Di Danau Chippewa, pulau-pulau terapung ini berasal dari dataran lumpur di rawa dasar danau. Seiring waktu, vegetasi mulai tumbuh sehingga membuatnya tampak subur menjadi pepohonan.

Menariknya, pohon yang tumbuh seakan menjadi layar ketika angin bertiup. Tak jaran, kondisi ini juga membuatnya bergerak di sekitar danau.

3. Jumlah Pulau Bergerak


Pulau bergerak beberapa kali dijumpai di penjuru dunia. Dalam hal ini, salah satunya adalah di Danau Chippewa, Wisconsin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)