Spesifikasi Rudal ATACMS, Senjata dari AS yang Akan Perkuat Serangan Ukraina

Rabu, 13 September 2023 - 12:01 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal ATACMS, Senjata dari AS yang Akan Perkuat Serangan Ukraina
Rudal ATACMS akan dikirimkan Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat serangan Ukraina. Foto/Military Today
A A A
JAKARTA - Rudal ATACMS kabarnya akan dikirimkan Amerika Serikat (AS) ke Ukraina . Hal ini setelah pejabat Washington menemukan adanya surplus rudal tersebut dalam gudang persenjataan Pentagon.

Sebelumnya AS sempat khawatir untuk memasok persenjataan ke Ukraina. Kini negara tersebut justru menjadi salah satu pemasok terbesar bagi Kyiv. Pemberian rudal canggih dari Washington ini pastinya akan jadi ancaman baru bagi Rusia.

Meski begitu, rencana pemberian rudal ATACMS untuk Ukraina ini masih menunggu persetujuan dari Presiden Joe Biden.

Spesifikasi Rudal ATACMS


Dari beberapa sumber yang didapat, rudal ATACMS digolongkan sebagai rudal jarak jauh. Namun, ada juga beberapa jenis ATACMS yang digolongkan ke dalam rudal balistik jarak pendek.



Menurut laman Missile Thread, ATACMS (Army Tactical Missile System) atau yang juga dikenal dengan nama M39 oleh Angkatan Darat AS ini pertama kali digunakan pada Perang Teluk Persia tahun 1991.

Berikut ini untuk spesifikasi dimensi dari rudal ATACMS:

Panjang rudal : 4 meter
Diameter rudal : 0,61 meter
Berat : 1.670 kg
Berat hulu ledak : 160-560 kg

ATACMS dirancang untuk mengambil alih peran konvensional rudal MGM-52 Lance, dalam memberikan dukungan taktis kepada pasukan darat. Umumnya peluncuran rudal ini dilakukan menggunakan Multiple Launch Rocket System (MLRS) yang dimodifikasi atau peluncur HIMARS.

MLRS dapat membawa satu atau dua ATACMS dan 6 roket 227mm, sedangkan peluncur HIMARS hanya memiliki ruang yang cukup untuk peluncur roket 6 sel 227mm atau satu ATACMS.

Untuk mesinnya, rudal ini dibekali dengan Diesel Cummins VTA-903T yang mampu menghasilkan tenaga 500 hp dengan kecepatan maksimal 64 km/jam.

Semua model ATACMS digerakkan oleh motor roket berbahan bakar padat, dengan jangkauan yang bervariasi sesuai dengan jenisnya.

Model jarak terpendek adalah MGM-140A asli, dengan jangkauan efektif 128 km. Pengurangan bobot hulu ledak pada MGM-140 B menghasilkan peningkatan jangkauan 165 km, sedangkan MGM-168A yang lebih baru memiliki jangkauan 300 km.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)