NASA Kembangkan Ban Sepeda Luar Angkasa Anti Bocor

Rabu, 20 September 2023 - 13:13 WIB
loading...
NASA Kembangkan Ban Sepeda Luar Angkasa Anti Bocor
Ban sepeda Metl menjadi produk inovatif berbahan anti bocor. (Foto: Theverge)
A A A
JAKARTA - Ban sepeda Metl menjadi produk inovatif berbahan anti bocor. Lembaga penelitian NASA mengembangkan ban sepeda luar angkasa ini dari bahan super, yaitu nitinol.

Rangka bannya pun tidak main-main. Perpaduan nikel dan titanium disinyalir dapat menahan panas di luar angkasa dengan sempurna.

Dibandingkan dengan ban sepeda pada umumnya, ban Metl ini memiliki kelebihan tidak akan pernah kempes. Tentu saja ban ini awet dan memiliki daya tahan seumur hidup.

“Ban tersebut dijual melalui kampanye crowdfunding di Kickstarter yang sangat canggih dari startup kecil,” ujar juru bicara produsen Metl, The Smart Tire Company dikutip dari Theverge.com, Rabu (20/9/2023).



Sepasang ban Metl dibanderol USD500 atau setara Rp7,6 juta dan seharga 10 kali lipat ban merek lainnya. Bobot ban ini mencapai 450 gram dengan ukuran setara 700 x 35 sentimeter. Pemasangan ban ini diklaim mudah untuk pemakaian di jalan raya maupun berbatu.

Varian Melt juga terdiri atas rangka alumunium dan karbon. Masing-masing harganya variatif antara USD1.300-USD2.300 atau Rp19,5 juta-Rp22,5 juta.



Meskipun memiliki konstruksi rangka logam, ban tersebut memberikan cengkeraman berkat adanya tapak terintegrasi yang tahan terhadap segala medan cuaca ekstrem. Jelajahnya mampu menempuh hingga jarak 8.000 mil.

Distribusi ban sepeda Metl ini bakal dilakukan pada Juni 2024. Saat ini kampanye tersebut telah memiliki ratusan pendukung dan menghasilkan tiga kali lipat targetnya dengan sisa waktu 28 hari.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4295 seconds (0.1#10.140)