Fenomena Aneh, Buaya Selamatkan Anjing yang Terjebak di Sungai

Sabtu, 23 September 2023 - 20:47 WIB
loading...
Fenomena Aneh, Buaya Selamatkan Anjing yang Terjebak di Sungai
Buaya di India menyelamatkan seekor anjing liar yang terjebak di sungai. (Foto: Utkarsha Chavan)
A A A
INDIA - Legenda buaya putih di tanah air yang biasanya menolong orang kesusahan alih-alih menerkamnya, benar-benar terjadi di India.

Para ilmuwan di India telah mengamati sejumlah perilaku buaya yang aneh, seperti menyelamatkan seekor anjing liar yang dikejar anjing lain, hingga terjebak di sungai.

Alih-alih memangsa anjing tersebut, tiga ekor buaya tampak mendorongnya kembali ke pinggir sungai.

“Buaya menuntun anjing tersebut agar menjauh dari lokasi yang rentan diserang oleh sekelompok anjing liar yang menunggu di tepi sungai,” tulis peneliti dikutip dari Livescience pada Jumat (22/9/2023).



“Buaya-buaya tersebut hanya menyentuh anjing dengan moncong dan mendorongnya agar bergerak lebih jauh agar bisa naik dengan aman di tepi sungai dan akhirnya melarikan diri.”

Para peneliti menafsirkan tindakan ini sebagai tindakan empati yang menunjukan bahwa buaya mungkin menghawatirkan keselamatan anjing.

“Meskipun menarik bahwa buaya mampu berempati terahadap spesies lain,” kata Duncan Leitch, ahli biologi yang berspesialisasi dalam neurofisiologi reptil di Universitas California, Los Angeles.



Penelitan juga mengungkap perilaku aneh lain dari buaya yang berburu secara berkelompok menggunakan tongkat sebagai umpan guna memikat bangau dan kuntul hingga menunjukkan minat pada karangan bunga yang mengambang di sungai.

Dalam studi baru-baru ini juga ditemukan beberapa kejadian kelompok buaya berenang dan berputar-putar di sekitar gerombolan ikan, sehingga menciptakan pusaran. Pergerakan mereka akhirnya melumpuhkan ikan. “Buaya memang memiliki serangkaian perilaku yang canggih,” kata Duncan Leitch.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3347 seconds (0.1#10.140)