6 Kecanggihan Pinaka MBRL India, Memiliki Jarak Tembak yang Terbilang Cepat

Senin, 25 September 2023 - 13:54 WIB
loading...
6 Kecanggihan Pinaka MBRL India, Memiliki Jarak Tembak yang Terbilang Cepat
Pinaka India mampu menghancurkan target dengan presisi tinggi dan menghasilkan efek ledakan yang besar. Foto/Army Technology
A A A
JAKARTA - Pinaka India merupakan salah satu senjata yang paling canggih dan mematikan. Dengan sistem peluncuran roket multi-barel (MBRL), senjata milik India ini mampu menghancurkan target dengan presisi tinggi dan menghasilkan efek ledakan yang besar.

Pinaka sendiri dikembangkan oleh Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India. Sistem ini dikenal dapat mengintegrasikan teknologi canggih untuk memberikan kinerja tempur yang unggul.

Berikut adalah enam kecanggihan yang dimiliki MBRL India.

Kecanggihan Pinaka MBRL India


1. Memiliki Jangkauan 40-60 Km


Pinaka sendiri dikenal sebagai senjata multi laras yang memiliki jangkauan terhadap target sasaran terbilang cukup jauh. Sistem ini memiliki jangkaun maksimum 40 km untuk Mark-I dan 60 km untuk versi Mark-I yang disempurnakan.



Dengan jangkauan tersebut, Pinaka dapat membawa muatan 100 kg. Lebih dari itu, sistem ini juga melibatkan target dengan probabilitas kesalahan melingkar (CEP) dari 1% hingga 2% dari jangkauan.

2. Pinaka Dapat Menembakkan Roket dengan Berbagai Jenis Hulu Ledak


Pinaka MBRL India merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk dapat menampung berbagai jenis hulu ledak tembak, termasuk bahan peledak tinggi pra-fragmentasi, bom anti-tank, hulu ledak ranjau anti-tank hingga latihan pembakar dan tembakan pilot.

Hulu ledak pra fragmentasi jika dimasukan ke sistem ini dapat memberikan kekuatan yang sangat dahsyat. Dikutip dari laman Army Technology, kekuatan yang dihasilkan bisa merusak 25% hingga 35% lebih banyak daripada hulu ledak konvensional.

3. Memiliki Navigasi dan Kontrol yang Canggih


Pinaka telah didukung oleh ring laser gyro inertial navigation dengan GPS/NavIC satellite guidance. Sistem ini memberikan akurasi yang tinggi, dengan circular error probable (CEP) kurang dari 60 meter.



4. Tabung Motor yang Terbuat dari Baja


Tabung motor sistem ini terbuat dari baja intensitas tinggi yang dilapisi dengan bahan silika fenolik. Dengan tabung tersebut dapat menahan suhu nyala api yang lebih tinggi. Desain nosel yang dioptimalkan memastikan daya dorong yang sangat tinggi.

5. Mempunyai Jarak Waktu Tembak Cepat


Pinaka memiliki kemampuan untuk menembakkan salvo 12 roket dalam 44 detik, yang dapat menghasilkan efek ledakan yang besar dan menghancurkan target. Sistem ini juga dapat beroperasi secara otonom atau dalam kelompok baterai.

6. Pinaka Memiliki Tingkat Mobilitas Tinggi


Pinaka memiliki mobilitas yang tinggi, karena dipasang pada truk Tatra 8WD yang dapat beroperasi di berbagai medan, seperti pegunungan, gurun, dan hutan. Dengan begitu, sistem ini dapat dipindahkan dengan cepat dari satu lokasi ke lokasi lain.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)