5 Perbandingan Harimau Vs Singa, Siapa yang Lebih Kuat?

Selasa, 26 September 2023 - 12:15 WIB
loading...
5 Perbandingan Harimau Vs Singa, Siapa yang Lebih Kuat?
Harimau dan singa dikenal sebagai hewan terkuat dan juga paling ganas di hutan rimba. (Foto: Africafreak)
A A A
JAKARTA - Harimau dan singa dikenal sebagai hewan terkuat dan juga paling ganas di hutan rimba. Namun jika dibandingkan, harimau dan singa ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Banyak orang yang mencoba membandingkan mana yang lebih kuat antara harimau dan singa. Berikut perbandingan harimau versus singa dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/9/2023).

1. Berat Badan

Rata-rata berat seekor harimau jantan mencapai 330 kilogram dan harimau betina memiliki berat di bawahnya, 100-135 kilogram. Sedangkan singa jantan hanya memiliki berat rata-rata sebesar 250 kilogram, sedangkan singa betina mencapai 140-200 kilogram.


2. Panjang Badan

Umumnya harimau memiliki tubuh yang lebih panjang dari singa. Harimau jantan memiliki panjang lebih dari 3 meter, sedangkan singa jantan hanya memiliki panjang 2 meter.

3. Kekuatan Rahang

Harimau memiliki mulut yang lebar dengan ukuran gigi sebesar 3,6 inci dan kekuatan gigitan sebesar 1.000 PSI. Sedangkan singa hanya memiliki ukuran gigi sebesar 3,2 inci, tetapi memiliki kekuatan gigitan yang sama dengan harimau.

4. Perilaku Berburu

Harimau dianggap sebagai spesies yang hidup sendiri atau tidak berkelompok. Umumnya harimau berburu mangsa dengan cara menyergap.

Berbeda dengan harimau, singa justru tidak bisa hidup sendiri. Mereka hidup membentuk kelompok untuk melindungi anak dan wilayah teritorialnya. Biasanya yang aktif berburu mangsa adalah singa betina, sedangkan singa jantan akan melindungi kawanan beserta anaknya.


5. Habitat

Harimau lebih banyak tersebar di wilayah Asia, seperti India, Bangladesh, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Mereka hidup di kawasan hutan tropis. Umumnya harimau berburu hewan, seperti rusa, kerbau, dan babi hutan.

Sedangkan singa tersebar di wilayah Afrika dan India. Mereka hidup di hutan, tetapi lebih banyak di padang rumput. Umumnya hewan seperti zebra, rusa, kerbau, banteng, dan jerapah menjadi mangsa favorit mereka.

Dari beberapa perbandingan di atas terlihat bahwa harimau lebih kuat daripada singa karena memiliki postur tubuh yang lebih ideal daripada singa , serta perilaku berburu yang lebih mandiri.

Namun jika dilihat dari kecepatan berlari mungkin singa yang akan menang, karena mereka lebih sering berburu di padang rumput yang memiliki kondisi geografis hamparan tanah yang luas dan membutuhkan kecepatan untuk menangkap mangsanya. Sedangkan harimau hanya mengandalkan teknik menyergap ketika memburu mangsanya.

MG/Maulana Muhammad Rizqi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)