Makam Kaisar China Berusia 1.400 Tahun Ungkap Perebutan Takhta Dinasti Zhou Utara

Kamis, 28 September 2023 - 13:55 WIB
loading...
A A A
Hu akhirnya meracuni Yu, dan kemudian mengendalikan dinasti Zhou Utara melalui penguasa boneka sampai dia dibunuh pada tahun 572 oleh kelompok yang setia kepada saudaranya yang lain, Yuwen Yong, yang telah menjadi Kaisar Wu.
Makam Kaisar China Berusia 1.400 Tahun Ungkap Perebutan Takhta Dinasti Zhou Utara


“Jue diproklamasikan sebagai kaisar pertama Dinasti Zhao Utara hanya setelah Yong mengutus Hu, kira-kira 37 tahun setelah kematian Jue,” kata Dien. Hasilnya, prasasti pada makam yang baru ditemukan di dekat Xianyang menunjukkan Jue dimakamkan sebagai seorang adipati ketika dia meninggal, dan bukan sebagai seorang kaisar.

Menurut Akademi Arkeologi Shaanxi, yang melakukan penggalian, makam tersebut ditemukan di daerah barat laut Xianyang yang memiliki banyak makam berstatus tinggi pada masa itu. Sebuah makam milik adik laki-laki Jue sebelumnya ditemukan di dekatnya, sedangkan makam saudara laki-laki lainnya, Yuwen Yong, Kaisar Wu dari Zhou Utara, berjarak sekitar 8 km ke arah timur.



Makam yang baru ditemukan adalah sebuah ruangan tanah tunggal dengan panjang sekitar 56 meter dan kedalaman sekitar 10 meter. Pada suatu saat, makam tersebut diganggu oleh perampok, namun para arkeolog menemukan 146 artefak yang terkubur di sana sebagai barang kuburan, termasuk patung terakota dan tembikar.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)