Keluarkan Suhu Panas Ekstrem, Matahari Berubah Menjadi Biru

Jum'at, 29 September 2023 - 18:21 WIB
loading...
Keluarkan Suhu Panas Ekstrem, Matahari Berubah Menjadi Biru
Matahari Berubah Menjadi Biru. FOTO/ DAILY MAIL
A A A
LONDON - Suhu panas yang melanda seluruh dunia, membuat warna matahari menjadi membiru. fenomena itu terlihat jelas di langit Inggris dan gambar aneh membanjiri aplikasi X.



Sejumlah warganet membahas fenomena ganjil tersebut, salah satunya mengatakan: “Belum pernah melihat matahari berwarna biru sebelumnya. Saya ingat matahari oranye tua dan merah (berwarna) ketika Badai Ophelia tahun 2017 mengalihkan asap dari kebakaran hutan di Portugal ke Inggris. Kenapa kali ini warnanya biru?”

Seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (29/9/2023), Netizen lain menulis di halaman X: "Kami mengalami matahari biru yang menakutkan hari ini (kemarin) di Twickenham."

Namun, berbicara kepada MailOnline, Wakil Kepala Pejabat Cuaca Kantor Meteorologi Inggris, Dan Harris mengatakan: “Angin barat yang kuat mempengaruhi cuaca Inggris saat ini. Ini membawa udara dari Amerika Utara ke Eropa.

“Udara mengandung asap dari kebakaran hutan di Kanada. Kombinasi asap dan awan yang tinggi di atmosfer menghamburkan sinar matahari dan menciptakan perubahan warna yang luar biasa,” ujarnya.

Fenomena aneh tersebut bukan kali pertama terjadi. Pada tahun 1950, matahari tampak biru di Ontario, Kanada setelah badai api Chinchaga, salah satu kebakaran terbesar yang pernah tercatat di Amerika Utara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)