Spesifikasi Helikopter Apache AH-64 Taiwan, Senjata untuk Melawan China

Sabtu, 30 September 2023 - 10:23 WIB
loading...
Spesifikasi Helikopter Apache AH-64 Taiwan, Senjata untuk Melawan China
Spesifikasi Helikopter Apache AH-64 menarik diketahui, karena menjadi salah satu senjata pamungkas Taiwan. Foto: ist
A A A
TAIWAN - Helikopter Apache AH-64 Taiwan turut hadir dalam pameran udara National Defense Knowledge Tour 112 yang dihelat belum lama ini di Pangkalan Angkatan Darat Hukou, Kabupaten Hsinchu.

Mengutip Taiwan News, Jumat (29/9), sekitar 110.000 orang berpartisipasi pada acara tersebut. Tak hanya menampilkan demonstrasi tentara, agenda tersebut juga menghadirkan sejumlah peralatan militer andalan Taiwan, termasuk helikopter serang Apache AH-64E .

Pada dua unit yang diterjunkan, Apache AH-6E milik Taiwan itu cukup menarik perhatian. Pasalnya, mereka tampil menggunakan livery hiu macan, lengkap dengan gigi-gigi tajamnya di sekujur bodi.

Lebih jauh, seperti apakah sebenarnya spesifikasi dari Apache AH-6 ini? Berikut ulasannya yang bisa disimak.

Spesifikasi Helikopter Apache AH-64 Taiwan
Spesifikasi Helikopter Apache AH-64 Taiwan, Senjata untuk Melawan China

Pada Apache AH-64, Taiwan diketahui memiliki salah satu varian terbarunya, yakni seri 64-E. Helikopter ini biasa dikenali sebagai Apache Guardian. Mengutip laman Military Today, helikopter asal Amerika Serikat ini pertama kali memasuki layanan pada 2011. Waktu itu, pengguna utamanya baru Angkatan Darat AS.

Pada pengembangannya, Washington DC terus merancang versi-versi terbaru dari Apache AH-64. Dari sekian banyak, salah satunya adalah varian AH-64E yang juga turut dioperasikan Taiwan.

Apache AH-64E dibekali mesin General Electric T700-GE-701D. Berbeda dari pendahulunya, komponen ini mampu menyemburkan tenaga hingga 1.994 shp.

Peningkatan lain terdapat pada penggunaan rotor komposit baru. Bekal tersebut dirancang untuk menahan serangan senjata anti-pesawat 23 mm. Beralih ke performanya, Apache AH-64E memiliki kecepatan maksimum 300 km/jam. Sementara itu, jangkauannya adalah sekitar 476 km.

Jenis helikopter serang ini dioperasikan dua awak. Pada perlengkapannya, hadir komponen canggih seperti sensor baru, avionik, hingga fitur yang membuatnya beroperasi lebih baik di malam hari.

Pada persenjataan, Apache AH-64E dilengkapi meriam M230 30 mm dengan amunisi 1.200 butir. Selain itu, ada juga empat cantolan yang bisa dibawakan berbagai jenis rudal untuk mendukung operasinya.

Melalui pameran National Defense Knowledge Tour 112 yang dihelat beberapa waktu lalu, Taiwan seakan menunjukan kemampuan militernya agar tidak diremehkan.

Terlebih, tensi yang memanas akhir-akhir ini dengan China mungkin menjadi salah satu alasan bagi Negeri Formosa untuk memamerkan persenjataan militernya, termasuk Apache AH-64E.


Spesifikasi Apache AH-64E
Spesifikasi Helikopter Apache AH-64 Taiwan, Senjata untuk Melawan China

-Produsen : Amerika Serikat
-Layanan : 2011 (Debut)
-Awak : 2
-Bobot : 5,17 ton (kosong)
-Mesin : General Electric T700-GE-701D
-Kecepatan : 300 km/jam (maksimum)
-Jangkauan : 476 km
-Persenjataan : Meriam 30 mm, berbagai jenis rudal (opsional)

Demikian ulasan mengenai spesifikasi helikopter Apache AH-64 Taiwan yang bisa digunakan untukmelawanChina.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2839 seconds (0.1#10.140)