5 Fakta Quasar Merah, Salah Satunya Diperkirakan Menyimpan Tiga Galaksi Baru

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:43 WIB
5 Fakta Quasar Merah, Salah Satunya Diperkirakan Menyimpan Tiga Galaksi Baru
Penemuan quasar merah tahun lalu menjadi fenomena alam yang mengejutkan dunia astronomi. Foto/Live Science/ESA/Hubble, N. Bartmann
JAKARTA - Penemuan quasar merah tahun lalu menjadi fenomena alam yang mengejutkan dunia astronomi . Sebab, kemunculannya akan memperluas wawasan tentang gugusan galaksi di alam semesta.

Pada dasarnya, quasar atau kuasar (quasi-stellar objects) merupakan inti galaksi aktif yang sangat kuat. Objek ini juga memancarkan energi yang besar.

Umumnya suatu quasar akan menghasilkan terang yang lebih tinggi ketimbang Bimasakti. Namun, karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi membuatnya hanya terlihat seperti bintang biasa.

Terdapat sejumlah fakta menarik terkait kemunculan quasar merah ini. Simak ulasannya berikut ini.

5 Fakta Quasar Merah

1. Terlihat Melalui Teleskop James Webb

Dilansir dari Innovation News Network, dengan menggunakan teleskop luar angkasa James Webb milik NASA, para astronom berhasil menemukan quasar merah yang di dalamnya terdapat sekelompok gas besar pada Oktober 2022 lalu.

Gambar quasar merah yang berhasil ditangkap oleh teleskop James Webb ini diterbitkan dalam The Astrophysical Journal Letters.

2. Memiliki Jarak 13 Miliar Cahaya dari Bumi

Mengutip dari Live Science, para astronom memperkirakan bahwa jarak quasar merah berdebu itu adalah 13 miliar cahaya dari Bumi. Meskipun objek ini telah ada di semesta alam, namun belum pernah ada manusia yang berhasil mengamatinya secara langsung.

3. Telah Berusia 11,5 Miliar Tahun

Quasar yang dieksplorasi Webb diberi nama SDSS J165202.64+172852.3. Ini diperkirakan telah ada selama sekitar 11,5 miliar tahun.