10 Temuan Harta Karun Emas Terbesar di Dunia

Kamis, 05 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
10 Temuan Harta Karun Emas Terbesar di Dunia
Peti mati Raja Tutankhamun memiliki berat sekira 125 kilogram, dengan mahkota topeng emas ikonik. (Foto: Greek Reporter)
A A A
JAKARTA - Harta karun emas menjadi salah satu simbol kekayaan dan keindahan yang abadi, telah dikaitkan erat dengan penemuan-penemuan luar biasa sepanjang sejarah manusia.

Perburuan emas pun tidak hanya terbatas kepada arkeolog saja, tapi juga masyarakat awam dalam kesehariannya telah menemukan penemuan luar biasa terkait logam mulia ini. Semuanya berdampak besar terhadap komunitas keilmuan dan membuat kagum banyak orang di seluruh dunia.

Dari berbagai sumber, berikut 10 penemuan harta karun emas teratas di abad terakhir dikutip dari Greek Reporter, Kamis (5/10/2023):

1. Peti Mati Berlapis Emas Raja Tutankhamun

Salah satu harta karun emas yang paling mencolok berasal dari masa seabad lalu, milik seorang raja Mesir atau Firaun Tutankhamun. Kematiannya yang terlalu dini di usia muda telah memikat imajinasi dunia selama berabad-abad.

Makamnya bersembunyi di lembah para raja di tepi barat Luxor. Arkeolog Inggris Howard Carter mengungkapkannya pada bulan November 1922 dan menarik perhatian dunia.



Bagian dalam sebuh peti matiterdapat emas padat yang menakjubkan dengan berat sekira 125 kilogram. Peti berisi mumi raja itu juga dimahkotai dengan topeng emas ikonik. Di bagian luarnya terdapat sebuah mahakarya kayu berlapis emas, yang menggambarkan raja dalam wujud Osirian.

2. Rakit Muisca

Artifak Muisca ini ditemukan pada tahun 1969 oleh seorang petani. Dipercaya bahwa artefak tersebut menggambarkan upacara inisiasi penguasa baru.

Terbuat dari paduan emas, perak, dan tembaga, Muisca memiliki kilau kuning kemerahan yang unik. Tekstur kayu rakit mencerminkan deskripsi ritual, dengan penggaris digambarkan secara jelas di tengah sosok-sosok kecil yang sedang mendayung dan mengenakan topeng.

3. Harta Karun Panagyurishte

Harta karun emas Panagyurishte ini merupakan harta karun Thracia paling mewah, ditemukan pada tahun 1949, oleh tiga bersaudara di Bulgaria tengah. Terdiri dari sembilan bejana emas, termasuk phiale, amphora, dan tujuh rhyton, harta karun tersebut memiliki berat total lebih dari tiga belas pon dan dibuat dari emas 23 karat.

Berasal dari abad ke-4 hingga ke-3 SM, harta karun tersebut diyakini berfungsi sebagai perangkat upacara kerajaan, kemungkinan untuk Raja Thracia. Dipajang di berbagai museum di seluruh dunia, ini merupakan artifak budaya yang menonjol. Artifak ini juga menjadi koleksi seni utama Thracia di Museum Sejarah Nasinal di Sofia, Bulgaria.

4. Emas Pepita Canaa

Batangan emas Pepita Canaa yang mengesankan ditemukan di Serra Pelada Brazil pada 1983. Harta karun emas ini memiliki berat 65 kilogram dan sekarang dipajang di Museum Brasilia. Pepita Canaa sempat menjadi kontroversi karena ukurannya lebih besar saat pertama ditemukan. Tetapi hancur berkeping-keping selama masa pemulihan. Meskipun demikian, bongkahan ini tetap menjadi bongkahan terbesar di dunia.

5. Emas Baktria

Pada tahun 1978, para tim arkeologi Soviet-Afghanistan yang dipimpin oleh arkeolog Rusia Viktor Sarianidi, melakukan penggalian di Tillya Tepe, yang diterjemahkan menjadi “Bukit Emas” dalam bahasa Persia.

Penggalian tersebut menemukan 20.600 item, termasuk koin, emas, perak, gading, dan batu mulia. Artifak ini berasal dari tahun 100 SM dan 100 M, meliputi kalung, ikat pinggang, medali, dan bahkan mahkota.

6. Tangan Iman

Dikenal dengan nama Tangan Iman, bongkahan emas ini berbentuk sangat khas dengan berat 28 kilogram. Emas ini ditemukan oleh pemburu emas Kevin Hillier pada 1980 di Wedderburn, Victoria, Australia. Saat ini, Tangan Iman ini tetap menjadi salah satu bongkahan emas paling besar yang pernah ada.

7. Harta Karun Malagana

Harta karun Malagana ditemukan pada 1992 oleh seorang pekerja pertanian tebu di lembah Cauca Kolombia secara tidak sengaja saat mengoperasikan traktor. Harta karun ini kini berada di Museo del Oro i Bogota, Kolombia setelah ditebus senilai Rp5 miliar dari para penjarah.


8. Emas Staffordshire Anglo Saxon

Staffordshire Hoard menjadi koleksi emas dan perak Anglo Saxon terbesar yang pernah ditemukan. Penemuan emas ini terdiri dari hampir 4.000 benda, terutama perlengkapan perang.

Detektor logam arkeolog Terry Herbert menemukan potongan pertama pada 2009. Para arkeolog lainnya kemudian melakukan penggalian selama empat minggu, mengungkapkan bahwa semua barang timbunan ditemukan di dekat permukaan, kemungkinan besar disebabkan oleh erosi. Sayangnya, artifak tambahan yang ditemukan pada tahun 2012 ketika ladang kembali dibajak.

9. The Hoxne Hoard

Hoxne Hoard ini dikenal sebagai koleksi terbesar temuan emas Romawi akhir yang pernah digali di kekaisaran Romawi. Terletak di Suffolk, Inggris, asal usul timbunan ini berasal dari abad ke-5 SM hingga awal abad ke-5 Masehi.

Terdiri dari 4 kilogram emas dan 27 kilogram perak, harta karun ini memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai hari-hari memudarnya kekuasaan Romawi di Inggris.

10. Harta karun Kaisarea

Pada 2015, telah ditemukan harta karun Kaisarea. Saat menyelam di dekat pelabuhan kuno Kaisarea, seseorang bernama Zvilka Fayer melihat koin emas berhiaskan tulisan Arab di dasar laut. Logam emas alias Dinar ini memberikan gambaran sekilas tentang sejarah Kaisarea pada masa Dinasti Fatimiyah Islam sebelum perang salib pertama.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3136 seconds (0.1#10.140)