Pentagon Ternyata Masih Hidupkan Program Berburu UFO

Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:36 WIB
loading...
Pentagon Ternyata Masih Hidupkan Program Berburu UFO
Salah satu video yang diungkap Pentagon tentang keberadaan UFO di Amerika Serikat. Foto/ist
A A A
WASHINGTON - Pencarian Pemerintah AS untuk benda terbang tak dikenal/ unidentified flying object (UFO) masih berlangsung. Ini merupakan bagian dari program yang disebut Satuan Tugas Fenomena Udara Aerial (UAPTF) yang beroperasi di bawah Kantor Intelijen Angkatan Laut AS, menurut laporan Komite Senat baru-baru ini. (Baca juga: Video, Pemburu Alien Berhasil Abadikan 'Armada UFO' di Langit Utah )

Agensi ini tampaknya telah memikul tanggung jawab kelompok Pentagon pemburu UFO lain yang konon dibubarkan pada 2012. The New York Times melaporkan, temuan UAPTF dapat dipublikasikan dalam enam bulan ke depan.

Sementara hasil investigasi UAPTF diklasifikasikan rahasia, briefing yang disampaikan kepada perwakilan Departemen Pertahanan pada bulan Maret oleh mantan konsultan untuk program UFO menyebutkan, pengambilan dari "kendaraan off-world yang tidak dibuat di bumi ini," seperti dilaporkan Times. Terlepas dari klaim ini, bukti dugaan teknologi luar angkasa masih belum diproduksi.

UFO juga kadang-kadang disebut fenomena udara tak dikenal (UAP). Ini merupakan objek yang tidak dapat dengan mudah dijelaskan. Tujuan utama dari agen militer yang menyelidiki UFO bukanlah untuk menemukan alien yang cerdas, tapi untuk menentukan apakah benda-benda misterius ini menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional Amerika.

Laman Space.com melaporkan, program perintis seperti Proyek Buku Biru Angkatan Udara dan Komite Investigasi Nasional untuk Fenomena Udara (NICAP) telah berfokus pada penampilan UFO di AS dari tahun 1950 hingga 1980-an. Sementara Program Identifikasi Ancaman Aerospace Lanjutan Aerospace Pentagon (AATIP) dibentuk pada 2007 dan diduga menghentikan operasi pada 2012 ketika anggarannya ditarik, seperti dilaporkan Live Science sebelumnya.

Tapi kenyataannya pencarian Pentagon untuk UFO tidak berakhir pada 2012. Perwakilan dari Departemen Pertahanan baru-baru ini mengonfirmasi bahwa perburuan UFO masih aktif pada 2017 dan berlanjut hingga hari ini di bawah UAPTF, menurut Times.

Komite Intelijen Senat AS membahas kegiatan UAPTF pada bulan Juni, dalam Undang-Undang Otorisasi Intelijen mereka untuk Tahun Anggaran 2021. Hal ini membawa lembaga investigasi UFO ke ruang publik. RUU komite berupaya mengatur pelacakan, organisasi, dan aksesibilitas informasi terkait UFO yang dikumpulkan oleh satuan tugas. Ini akan mencakup rilis laporan publik "yang disampaikan dalam bentuk yang tidak rahasia" dalam waktu 180 hari dari berlakunya RUU tersebut. (Baca juga: Jaga Anak dari Kejahatan Siber )

"Komite memahami bahwa intelijen yang relevan mungkin sensitif; namun, komite menemukan bahwa berbagi informasi dan koordinasi di seluruh komunitas intelijen tidak konsisten," tulis anggota komite dalam RUU tersebut.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2601 seconds (0.1#10.140)