Bikin Kapal Terlihat Terbang, Fenomena Ilusi Optik Terjadi di Inggris

Minggu, 08 Oktober 2023 - 17:47 WIB
loading...
Bikin Kapal Terlihat Terbang, Fenomena Ilusi Optik Terjadi di Inggris
Fenomena Ilusi Optik Terjadi di Inggris Images. FOTO/ UNILAD
A A A
LONDON - Sebuah ilusi optik yang langka membuat sebuah kapal tampak "mengambang di langit" di lepas pantai Cornwall, Inggris.

BACA JUGA - Ilmuwan Kembangkan Sensor Serat Optik Super Cepat

Seperti dilansir dari Unilad, Fenomena ini terjadi ketika kapal berada di bawah cakrawala, tetapi cahayanya dibiaskan oleh atmosfer sehingga tampak seperti berada di atas air.

Foto ilusi optik ini diambil oleh David Morris pada tanggal 27 September 2023. Morris mengatakan bahwa dia sedang berjalan di Falmouth, Cornwall, ketika dia melihat kapal besar tampak melayang di langit. Dia terkejut dan bingung oleh pemandangan itu, dan dia segera mengambil gambarnya.

Ilusi optik ini dikenal sebagai fatamorgana inferior. Fatamorgana adalah fenomena optik yang terjadi ketika cahaya dibiaskan oleh atmosfer. Ada dua jenis fatamorgana, yaitu fatamorgana inferior dan fatamorgana superior.

Fatamorgana inferior terjadi ketika cahaya dari objek di bawah cakrawala dibiaskan sehingga tampak seperti objek tersebut berada di atas cakrawala. Fenomena ini sering terjadi di daerah gurun, tetapi juga dapat terjadi di daerah lain, termasuk di laut.

Dalam kasus ini, kapal berada di bawah cakrawala, tetapi cahayanya dibiaskan oleh atmosfer sehingga tampak seperti kapal tersebut berada di atas air.

Fenomena ini terjadi karena perbedaan suhu antara udara di dekat permukaan laut dan udara di atas permukaan laut. Udara di dekat permukaan laut lebih dingin daripada udara di atas permukaan laut, sehingga cahaya dibiaskan ke bawah.

Fatamorgana inferior adalah fenomena yang langka, tetapi tidak mustahil. Fenomena ini biasanya terjadi pada hari-hari yang cerah dan panas, dan di daerah dengan perbedaan suhu yang signifikan antara udara di dekat permukaan laut dan udara di atas permukaan laut.

Selain di Cornwall, Inggris, fenomena serupa juga terjadi di beberapa tempat lain di dunia, termasuk di Norwegia, Amerika Serikat, dan Australia.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3256 seconds (0.1#10.140)
pixels