AS Catat Rekor 191 Uji Tembak Trident II, Rudal Balistik Kapal Selam Hulu Ledak Nuklir

Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:49 WIB
loading...
AS Catat Rekor 191 Uji Tembak Trident II, Rudal Balistik Kapal Selam Hulu Ledak Nuklir
Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor sebanyak 191 kali melakukan uji tembak Rudal Balistik Kapal Selam (SLBM) Trident II D5. Foto/US Navy/NewAtlas
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor sebanyak 191 kali melakukan uji tembak Rudal Balistik Kapal Selam (SLBM) Trident II D5. Rudal Balistik Kapal Selam Trident II D5 merupakan rudal tiga tahap berbahan bakar padat dengan jangkauan 7.400 km dengan muatan beberapa hulu ledak, termasuk hulu ledak nuklir.

Peluncuran dilakukan dalam kegiatan Demonstration and Shakedown Operation 32 (DASO-32) untuk mengkonfirmasi status operasional rudal Trident II di masa depan. Peluncuran ini juga menunjukkan kesiapan patroli strategis kapal selam rudal balistik kelas Ohio, USS Louisiana (SSBN 743), awaknya, dan sistem persenjataannya.

Menurut Northrop Grumman, pengujian tersebut mencakup motor Trident II D5 tertua yang masih digunakan hingga saat ini. Northrop Grumman merupakan Perusahaan yang memproduksi sistem motor propulsi padat untuk ketiga tahap rudal Trident II.



Mengetahui komponen-komponen tersebut berfungsi merupakan bagian penting dari uji terbang karena rudal Trident akan tetap digunakan Angkatan Laut AS dan Angkatan Laut Kerajaan Inggris hingga tahun 2040-an. Bahkan, kapal selam yang dirancang untuk membawa rudal Trident II akan tetap aktif hingga tahun 2080-an.

“Motor strategis Northrop Grumman telah memberikan keberhasilan dalam hal propulsi sebanyak 191 uji peluncuran yang sukses sejak dikerahkan ke armada Angkatan Laut AS,” kata Wendy Williams, wakil presiden, sistem propulsi, Northrop Grumman dikutip SINDOnews dari laman NewAtlas, Minggu (8/10/2023).
AS Catat Rekor 191 Uji Tembak Trident II, Rudal Balistik Kapal Selam Hulu Ledak Nuklir


Trident sangat menekankan keandalan karena dirancang untuk bertahan dalam pelayanan selama beberapa dekade. Rudal ini menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk dipasang di tabung bawah laut jika diperlukan suatu hari nanti.

Apalagi Trident II D5 adalah rudal tiga tahap berbahan bakar padat dengan jangkauan 7.400 km ini pertama kali digunakan pada tahun 1980-an. Untuk mendukung hal ini, Northrop telah memperkenalkan pemodelan digital canggih untuk manufaktur dan modernisasi yang lebih tepat dan efisien guna mendukung misi di masa depan.



“Kinerja seperti itulah yang diandalkan Angkatan Laut untuk memenuhi kesiapan pertahanan nasional dengan teknologi motor roket untuk menggerakkan rudal balistik Kapal Selam Trident II,” tambah Wendy Williams.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)