5 Senjata dan Teknologi Nyata yang Terinspirasi dari Film Aliens

Senin, 16 Oktober 2023 - 22:00 WIB
loading...
5 Senjata dan Teknologi Nyata yang Terinspirasi dari Film Aliens
UFO dianggap sebagai salah satu teknologi canggih Alien. (Foto/The Happinest)
A A A
JAKARTA - Meski keberadaan alien masih belum terbukti secara ilmiah, namun beragam kreasi manusia tentang makhluk asing tersebut telah diciptakan sejak lama.

Tilik saja film Aliens yang disutradarai oleh James Cameron yang dianggap sebagai salah satu karya sinema fiksi ilmiah terbaik. Film yang dirilis pada 1986 itu bahkan mendapatkan dua piala Oscar.

Dalam film tersebut tersemat beragam teknologi canggih dan futuristik. Tak disangka, dari sini para ilmuwan terinspirasi mewujudkan beragam teknologi dan senjata masa depan.

Dikutip dari Interesting Engineering, Senin (16/10/2023), berikut deretan senjata dan teknologi yang terinspirasi dari film-film alien.


1. Senapan Gelombang M-41A

5 Senjata dan Teknologi Nyata yang Terinspirasi dari Film Aliens

Dalam film Aliens, senapan gelombang atau pulse riffle M-41A digunakan untuk berburu alien. Senapan tersebut mampu memuntahkan peluru dengan cepat dan beralih ke fungsi lain yakni menyemburkan api.

Saat ini teknologi serupa sudah diterapkan di senapan Remington Voere VEC-91. Untuk versi modernnya ada senapan GM-94.

2. Smartgun M56

5 Senjata dan Teknologi Nyata yang Terinspirasi dari Film Aliens

Senjata lain yang juga sangat mencolok di film Alien adalah Smartgun M56. Senjata ini dilengkapi proyektil berujung peledak berukuran 10 mm x 28 mm, 230 butir dalam blok persegi panjang Nitramine 50. Menurut Interesting Engineering, ada senjata yang mirip dengan Smartgun M56, yaitu CIWS Phalanx.

3. Motion Tracker M314

Dalam film Aliens, ada adegan Ellen Ripley memburu alien yang bisa menghilang mengunakan Motion Tracker M314. Alat ini dilengkapi layar yang bisa menampilkan target asing yang bergerak.

Teknologi itu saat ini sudah dikembangkan dengan berbagai nama yakni radar, sonar, sensor ultrasonik, dan inframerah. Jenis sensor yang paling dekat saat ini adalah detektor gerakan tomografi.


4. Robot Sentry Gun UA 571-C

UA 571-C Automated Sentry Gun (ASC) adalah salah satu teknologi dalam film Aliens . Senjata ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menargetkan dan menembak musuh. Samsung sudah memiliki teknologi serupa, yaitu Samsung SGR-A1.

5. ComTech Hacking Device

Perangkat peretasan ComTech adalah alat yang diproduksi oleh Weyland-Yutani Corporation yang dapat melewati berbagai tindakan keamanan, seperti pintu yang terkunci. Selain itu, ia juga dapat “meretas” atau mendapatkan akses tidak sah ke sistem elektronik lainnya. Saat ini teknologi peretasan atau hacking bukan hal asing lagi di dunia maya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)