Asteroid Berukuran 3 Kali Lebih Besar dari Everest Terdeteksi Melesat Menuju Bumi

Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:20 WIB
Asteroid Berukuran 3 Kali Lebih Besar dari Everest Menuju Bumi. FOTO/ DAILY
SAN FRANCISCO - Sebuah asteroid atau komet berukuran tiga kali lebih besar dari Gunung Everest meledak di luar angkasa. Komet ini diberi nama 12P/Pons-Brooks, dan merupakan komet kriovolkanik, yang berarti bahwa ia memiliki inti padat yang terdiri dari es, debu, dan gas.

Ledakan komet ini terjadi karena tekanan internal yang tinggi di dalam inti komet. Tekanan ini disebabkan oleh pemanasan es oleh Matahari. Ledakan ini menghasilkan energi yang setara dengan ledakan 100 megaton TNT.

Seperti dilansir dari Daily Start, Kamis (19/10/2023), Komet 12P/Pons-Brooks saat ini sedang meluncur menuju Bumi. Komet ini akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada tanggal 21 April 2024. Pada saat itu, komet ini akan berada pada jarak sekitar 10 juta kilometer dari Bumi.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa komet 12P/Pons-Brooks tidak akan menabrak Bumi. Namun, komet ini akan dapat dilihat dengan mata telanjang saat mencapai titik terdekatnya.

Ledakan komet 12P/Pons-Brooks adalah peristiwa langka. Namun, ini bukan yang pertama kalinya komet meledak di luar angkasa. Pada tahun 1994, komet Shoemaker-Levy 9 menabrak Jupiter. Ledakan ini menghasilkan energi yang setara dengan 600 juta megaton TNT.

Para ilmuwan terus memantau komet 12P/Pons-Brooks untuk memastikan bahwa komet ini tidak akan membahayakan Bumi.